ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARKET SHARE PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2020

Ismail Rasyid Ridla Tarigan, Jihan Adiba Ginting, Yulindawati Yulindawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi market share ratio Perbankan Syariah. Data penelitian ini menggunakan data laporan statistik perbankan syariah periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan model regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yaitu uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa ROA, NPF dan DPK berpengaruh dan signifikan terhadap Market Share. Secara parsial variabel ROA dan NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap Market Share, sedangkan variabel DPK berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Market Share

Keywords


ROA; NPF; DPK; Market Share

Full Text:

PDF

References


Hanafi, Mahmud., & Halim, Abdul. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP. AMPYKNP.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jumingan. (2011). Analisa Laporan Keuangan. Cetakan Keempat. Bandung: Bumi Aksara.

Kariyoto. (2017). Analisa Laporan Keuangan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Mahmoeddin. (2010). Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019.

Rahman, Aulia. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Market Share Bank Syariah. Jurnal Analytica Islamica, Vol.5, No.2.

Sandy, Muhammad. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kinerja dan Aspek Teknologi Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2011-2016. Tesis.

Soemitra, Andri. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitaf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 1992 Tentang Perbankan

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah

Virawan, Adivia. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perlambatan Pertumbuhan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v12i1.1397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :