PENGARUH EFEKTIFITAS PERIKLANAN SYARIAH ONLINE PADA PRODUK HALAL MART TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Di Kota Banda Aceh)

Seri Murni

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Efektifitas Periklanan Syariah (online) Pada produk Halal Mart Terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Kota Banda Aceh) dengan empat variabel yang diambil untuk penelitian ini yaitu Attention, Interest, Desire dan Action, dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan syariah yang berbasis online secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung > FTabel di atas menunjukkan bahwa Ftabel = 91,801 > 2.43. Attention (perhatian), Desire (keinginan), Action (tindakan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan Interest (ketertarikan) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, Desire (keinginan). Hasil Koefesien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh Hal ini menunjukan bahwa keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel Attention, Interest, Desire dan Action sebesar 67,7% sedangkan sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini

Keywords



Full Text:

PDF

References


Amri, A. D. C. B., & Nikmah, F. (2018). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Biskuit Merek Oreo. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 4. No. 1. Hal 209-273

Anggraeni, Nita D. (2015). Pengaruh Good Coorporate Governance dan Earning Power Pada Manajemen Laba (Studi Empiris pada perusahaan Peserta CGPI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-20). Skripsi, 6, 90-91.

Azizah, M. (2013). Etika Perilaku Periklanan Dalam Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. Vol. 3, No. 1. Hal 37-48.

Azmi, N, F., & Sarma, M. (2017). Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Es Krim Magnum. Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol. 8, No. 2. Hal 119-2.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handrito, P. R., & Pradana, A., D. (2013). Pengaruh Iklan, Persepsi Harga, Citra Merek dan Kepercayan Merek terhadap keputusa Pembelian Smartphone Android Sony Xperia (Studi pada Mahasiswa Konsumen Pengguna Ponsel Android merek sony xperia diKota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. 2. No. 2.

Hanif., H. (2018). Landasan Syariah Dalam Etika Periklanan. Jurnal Bidang Kajian . Vol. 4, No. 1. Hal 84-96.

Igir, G. F., Tampi, R.E. J., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Ilmu Administrasi Program Studi Administasi Bisnis. Vol. 6, No. 2. Hal 84-96.

Irani, A., R. (2019). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan. Vol. 8, No. 3. Hal 52-58.

Ismail, F. 2018. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kartikasri, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengonsumsi Produk Mie Instan Merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 3, No. 2. Hal 1-8.

Kesuma, M. T. (2012). Prinsip dan Kriteria Periklanan dalam Perspektif. Jurnal Ekonomi dan Keuangan . Vol. 1. No. 1. Hal 51-82.

Luktaningsih. (2013). Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. No. 2. Hal. 116-129.

Maharani. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 12. No. 1. Hal 59-75.

Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. Vol. 1, No. 1. Hal 87-97. Naryono., E. (2018). AIDA Analysis (attention, interest, desire, action) Toward Adverstising Effectiveness As A Basic Online Shop Marketing Strategy In Sukabumi City. Journal Marketing Strategy. Vol. 07, No. 01. Hal 24-35.

Purwati, A. A., Siahaan, J. J., & Hamzah, Z. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT. Vol. 30. No. 1. Hal 20-28.

Qardhawi, Y. (1997). Norma dan Etika Islam. Jakarta. Gema Insani Pers.

Rizam., I, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online di Lazada pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area. Skripsi. Universitas Medan Area.

Rofiq, A. Arifin, Z. & Wilopo. (2015). Pengaruh Penerapan Aida (Atteniton, Interest, Desire, Action) Terhadap Kepuusan Pembelian (Survei Pada Pembelian Kartu Perdana IM3 Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Unverstas Brawijaya Angkatan 2012). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. Vol. 1, No. 1. Hal 1-8.

Rohman, H., Arifin, Z., & Hidayat., K. (2014). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Handphone Cross/Evercross diDusun Cumpleng Desa Brengkok Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 16, No. 1. Hal 1-8.

Sarjono, H., & Juliant, W. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Shofian, F. (2015). Efektivitas Metode Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Dalam Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk PT. Djarum (Djarum Super).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung, Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v12i1.1391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :