ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG KAJIAN TEORI PERILAKU KONSUMEN DALAM ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Seri Murni

Abstract


Samsung merupakan merek smartphone yang paling banyak diminati oleh konsumen di Indonesia dilihat berdasarkan hasil riset penyedia berita global. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya faktor merek, harga dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ketiga faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian handphone Samsung pada Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data. Metode pengambilan sampel yaitu Accident Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yaitu Mahasiswa/i yang berada di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas dengan model penelitian Regresi Linear Berganda menggunakan alat bantu SPSS 16. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel merek, harga dan kualitas produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel harga, kualitas produk dan merek juga mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 45,3% dan sisanya sebesar 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian. Jadi semakin sesuai harga dengan manfaat, kualitas produk yang bagus dan merek yang baik maka akan semakin meningkatkan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.

Keywords


Merek; Harga; Kualitas Produk;Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agama RI, Departemen. (2010). Al-Hikmah Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro.

Adriansyah, Muhammad Ari., Aryanto, Rudy., Toindo, Harly., Agustina, Shirley. (2012). Jurnal. Peran Minat Pembelian Konsumen Sebagai Mediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perusahaan Kue, volume 4 no.1. Binus Business Review.

Al-Haritsi, Jaribah Bin Ahmad. (2006). Fiqih Ekonomi Umar Bin Al-Khattab, Cet.1. Jakarta: Khalifa.

Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amstrong, P. Kotler. (2012). principles of marketing. Ney Jersey: Pearson Education Limited.

Angipora, Marius P. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anoraga, Pandji. (2004). Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Aziz, Abdul. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

Chalil, Zaki Fuad. (2009). Pemerataan Distribusi Kekayaan Dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga.

C.Mowen, John., & Yahya, Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Durianto, Darmadi., Sugiarto., Sitinjak, Tony. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Febrianto, Heru. (2015). Skripsi. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Interverning. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ferdinand, August. (2006). Metode Penelitian Modern. Semarang: Universitas Diponegoro.

G.Amstrong, P. Kotler. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke Sembilan. Jakarta: Indeks Gramedia.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gilarso, T. (2003). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro (Edisi Revisi). Yogyakarta: Kanisius.

Hamdani, A., & Lupiyadi, Rambat. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Harun, Nasrun. (2000). Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Hidayat, Muhammad. (2010). An Introduction To The Syaria Economic: Pengantar Ekonomi Islam, cet.1. Jakarta: Zikrul Hakim.

Ismaya, Sujaya., Winarno, Sigit. (2007). Kamus Besar Ekonomi. Bandung: Pustaka Grafika.

Julianita., Sarjono. (2011:64). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Kanuk., & Schifman. (2008). Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.

. (2004). Consumen Behaviour 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kartajaya, Hermawan. (2004). Hermawan Kartajaya On Brand, cet.1. Bandung: Mizan.

Koch, Richard. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Lembang, Rosvita Dua. (2010). Skripsi. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II Universitas Diponegoro). Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Lupiyadi, Rambat. (2001). Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Luthfia, Widha Emil. (2012). Skripsi. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Kofisyop Tembalang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mujahidin, Akhmad. (2007). Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muljono., & Djaali. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Nachrowi, Hardius Usman., Djalal, Nachrowi. (2006). Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: FEUI.

Narimawati, Umi. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Nasir, Moh. (2003). Metode Penelitian (cetakan kelima). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nasution, Arman Hakim., Sudarso, Indung., Trisunarno, Lantip. (2006). Manajemen Pemasaran Untuk Engineering. Yogyakarta: Andi Offset.

Ningsih, Ekawati Rahayu. (2008). Manajemen Pemasaran. Kudus: Nora Media Interprisse.

Prasetyani, Indriyatri Rima. (2012). Skripsi. Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Netizen Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Pada Netizen Di Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Prawirosentono, Suyadi. (2004). Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Manajemen Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara.

Rangkuti, Freddy. (2002). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riofita, Hendra. (2013). Sistem Ekonomi Islam. Pekan Baru: Sutra Benta Perkasa.

Sastradipoera, Komaruddin. (2003). Manajemen Marketing Edisi Pertama. Bandung: Kappa-Sigma.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Fajar.

Situmorang, Syafrizal Helmi. (2011). Bisnis Konsep dan Kasus. Medan: USU Press.

Soehartono, Irawan. (2004). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subagyo, Pangestu., & Djarwanto Ps. (2005). Statistika Induktif Edisi 5. Yogyakarta: BPFE.

Sugiarto. Herlambang, Teddy., Brastoro. Sudjana, Rachmat., Kelana, Said. (2007). Ekonomi Mikro: Sebuah Kajian Komprehensif, Cetakan keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. (2013). Mikro Ekonomi: Teori Pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: Grafindo Persada.

Sula, M. Syakir., & Kartajaya, H. (2008). Syariah Marketing. Bandung: Mizan Pustaka.

Sunarto. (2003). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Amus.

Suroso, Meiria Sari. (2012). Skripsi. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Handphone Nokia Di Sidoarjo. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Swastha, B., & Handoko, T. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Edisi Pertama Cet.3. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset.

Wahjono, Sentot Imam. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, Asep. (2016). Skripsi. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Handphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma, Kampus 1 Mrican). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wibowo, Sukarno., & Supriyadi, Dedi. (2013). Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Wulandari, Dwi. (2018, Mei 16). Top 5 Smartphone Di Indonesia Pada Q1 2018. Retrieved November 30, 2018, from MIX Marcomm: http://www.mix.co.id

Yuliadi, Imadudin. (2001). Ekonomi Islam Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).

Zainal, Veithzal Rivai., Djaelani, Firdaus., Basalamah, Salim., Yusran, Husna Leila., Veithzal, Andria Permata. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik, Edisi Ketiga. Bandung: Adventure Word Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v11i2.1140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :