DETERMINAN ADOPSI APLIKASI PENCATATAN INFORMASI KEUANGAN PADA UMKM

Lisnawati Lisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kesiapan keuangan, ukuran perusahaan, dan persepsi kegunaan terhadap adopsi aplikasi pencatatan informasi keuangan pada UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM di Bengkulu. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesiapan keuangan dan persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap adopsi aplikasi pencatatan informasi keuangan. Sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh. Penelitian ini berkontribusi dalam mengindetifikasi faktor yang harus dipersiapkan dalam mengaplikasikan pencatatan informasi keuangan pada UMKM yang berbasis komputerisasi dan android dalam penyusunan laporan keuangan hingga menyajikan hasil analisis laporan keuangan serta melihat kinerja keuangan secara lebih komperhensif

Keywords


Kesiapan dan persepsi keuangan; ukuran perusahaan; aplikasi informasi

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2014. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

Darmayanti, Elmira Febri. 2016. Analisis Pengakuan Pendapatan pada Perusahaan Kontruksi. ISSN Cetak 1978-6579. Universitas Muhammadiyah Metro.

Farmuzi, Aris dkk. 2015. Analisis Pengakuan Pendapatan Perusahaan Konstruksi Proyek Bendungan Marangkayu pada PT. Luhribu Naga Jaya Samarinda. Universitas Samarinda.

Greuning, Hennie Van dkk. 2013. International Financial Reporting Standards. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Safri. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda.

Hery. 2013. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2014. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Joni, Afandi. 2018. Pengakuan Pendapatan menurut SAK dan Pengakuan Pendapatan menurut SAP. Melalui (https://www.ksap.org/sap/pengakuan-pendapatan-menurut-sak-dan-pengakuan-pendapatan-menurut-sap/). Diakses pada tanggal 9 Juli 2020.

Kartikahadi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Salemba.

Lam, Nelson dan Peter Lau. 2014. Akuntansi Keuangan (Intermediate Financial Reporting) : Perspektif Ifrs Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Martani, Dwi dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Pemerintah Republik Indonesia. 2017. Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi. Jakarta.

Rahayu dan Kardinal. 2013. Analisis Pengakuan Pendapatan Jasa Konstruksi pada CV. Samudera Konstruksi Palembang Berdasarkan PSAK No. 34. STIE MDP.

Ratunuman, Sisilia Merry. 2013. Analisis Pengakuan Pendapatan dengan Persentase Penyelesaian dalam Penyajian Laporan Keuangan PT. Pilar Dasar. Jurnal EMBA , Vol. 1, No. 3, Juni 2013. HAL 578-586. ISSN: 2303-1174.

Smith, Jay. M and K. Fred Skousen. 2001. Intermediate Accounting. Terjemahan . Jakarta: Airlangga

Sodikin dan Riyono. 2014. Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Warren, Carl S., James M Reeve and Phillip E. Fees 2006, Pengantar Akuntansi, Edisi Keduapuluh Satu, Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat

Wijaya, Hendra dkk. 2015. Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban dalam Penyajian Laporan Laba Rugi PT. Karya Jaya Dedy Mulia. STIE MDP.




DOI: https://doi.org/10.37598/jam.v11i2.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :