MODEL FISIK PENELUSURAN PELIMPAH BENDUNGAN BENER

Akmal Akmal

Abstract


ABSTRAK

 

Bendungan Bener ini akan dibangun di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. bendungan ini difungsikan untuk keperluan irigasi, penyediaan air baku dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Adapun pertimbangan pembuatan bendungan baru ini dicanangkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja hidraulik bangunan pelimpah (Spillway) sehingga mendapatkan gambaran mengenai keamanan hidraulik bendungan tersebut. Simulasi model ini dilakukan dengan banjir berbagai kala ulang, dan diharapkan banjir tersebut tidak melimpas dari badan bendungan. Secara keseluruhan simulasi model ini masih perlu dievaluasi untuk mengetahui apakah terdapat fenomena hidraulika lain yang terjadi

Dengan dibuatnya model fisik ini diharapkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai perilaku hidraulik serta fungsi spillway sebagai suatu kesatuan bagian dari Bendungan Bener. Dari hasil penelitian, didapat bahwa spillway berfungsi dengan baik didalam mengalirkan air dari hulu ke hilir dan tidak meluap ke tubuh bendungan. Adapun hasil yang didapat dari simulasi model bendungan bila dibandingkan dengan hasil model matematis atau teori tidak terlalu berbeda jauh.

 

Kata kunci: Simulasi, Model Fisik, dan Spillway

Refbacks

  • There are currently no refbacks.