Kajian Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Kontraktor dalam Memilih Pemasok Material pada Proyek Konstruksi Banda Aceh

Zainuddin -

Abstract


Pertumbuhan perusahaan kontraktor seiring dengan pertumbuhna  pembangunan di Banda Aceh, membuat kontraktor harus dapat memaksimalkan potensi dan kemampuan masing-masing perusahaan, salah satunya dalam pengadaan material. Salah satu hal yang menunjang keberhasilan proses pengadaan adalah pemilihan pemasok material yang teapt. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi factor-faktor yang dipertimbangkan kontraktor dalam memilih pemasok material. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada dua kategori jenis pemasok material yaitu pemasok material fabrikasi dan pemasok material non fabrikasi. Pengumpulan data sekunder berupa daftar nama-nama perusahaan kontraktor dan data primer berupa kuesioner yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Responden dipilih berdasarkan teknik sampling dengan menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Kuesioner yang terkumpul sebanyak 39 eksemplar. Pengolahan data dilakukan dengan analisis uji reliabilitas dan analisis frequency index dengan memanfaatkan alat bantu komputasi yaitu software Statistical Package for Social Science (SPSS 19.0 for Windows) dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan frequency index didapat faktor-faktor utama yang dipertimbangkan kontraktor dalam memilih pemasok material fabrikasi, yaitu penyerahan produk tepat waktu dengan FI (frequency index) 0,949, kualitas material dengan FI (frequency index) 0,903 dan hubungan kerja antar perusahaan dengan FI (frequency index) 0,887. Faktor-faktor untuk pemasok material non fabrikasi, yaitu waktu penyerahan material dengan FI (frequency index) 0,928, kesesuaian dengan spesifikasi dengan FI (frequency index) 0,887, dan citra dan nama perusahaan dengan Fi (frequency index) 0,856. Secara keseluruhan, keadaan pelayanan pemasok menjadi pertimbangan utama bagi kontraktor dalam memilih pemasok material, disusul keadaan material dari pemasok, dan terakhir keadaan umum pemasok.

Kata kunci : pengadaan, pemasok material, proyek konstruksi.


References


Andri, M., 2011, Statistik Deskriptif, Blog Universitas Trisakti, Jakarta.

Arikunto, S., 2000, Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Blanchard, B.S., 1998, Logistics Engineering and Management, Fifth Edition, New Jersey, By Prentice hall, Inc.

Ervianto, W.I., 2005, Manajemen Proyek Konstruksi, Andi, Yogyakarta

Gasperz, V., 2007, GE Way And Malcolm Baldrige Criteria For Performance Exellence, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Gasperz, V., 1999, Ekonomi Manjerial Pembuatan Keputusan Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gray, C. et. Al. 1992, Pengantar Evaluasi Proyek, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hasan, M.I., 2004, Analisa Data Penelitian dengan Statistik, Kanisius, Yogyakarta.

Maarif, M.S., 2003, Manajemen Operasi, Pt Grasindo, Jakarta.

Malik, A., 2010, Pengantas Bisnis Jasa Pelaksana Konstruksi, Andi, Yogyakarta.

Raharjo, F., 2007, Kajian Faktor yang Dipertimbangkan Kontraktor dalam Memilih Pemasok Material, Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, Vol. 7, 119-130.

Riduwan, 2008, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta, Bandung.

Sari, S.P., 2011, Faktor-faktor Risiko yang Mempengaruhi Kinerja Kontraktor Banda Aceh dalam Pelaksanaan Proyek Konstruksi, Tugas Akhir Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Supramono dan Intiyas Utami, 2004, Desain Proposal Penelitian, Andi, Yogyakarta.

Supranto, J., 2000, Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Wantemas, 2011, Kajian Penggunaan Supplier Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi, Tesis Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala.

Zuina, 2009, Anggaran Material sebagai Alat Pengendalian Biaya Pada PT Nindya Karya (Persero) Cabang Medan, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.