Model Hubungan Waktu dam Biaya Pada Proyek Konstruksi Gedung Pendidikan di Provinsi Aceh

Keumala Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model hubungan waktu dan biaya dan model hubungan waktu, biaya dan luas pada konstruksi Gedung Pendidikan di Provinsi Aceh khususnya di daerah Bireun, Pidie, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Timur, Aceh Tengah dan Aceh Besar/Banda Aceh. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada bangunan gedung pendidikan dengan klasifikasi bangunan gedung berlantai I. Data yang diperoleh adalah data biaya, waktu dan luas bangunan yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dari tahun Anggaran 2008-2009 yaitu sebanyak 105 (seratus lima) data Proyek Gedung sekolah TK/PAUD, SD, SMP dan SMA. Penelitian ini menggunakan metodologi statistic yaitu dengan menggunakan pendekatan persamaan Bromillow dan analisa regresi berganda. Dari hasil perhitungan diperoleh model hubungan waktu terhadap biaya dan luas yaitu  Y=37,729+0,035X1+0,021X2 di Aceh Utara/Lhokseumawe.


References


Ayyub, BM 1994, Uncertanty Modelling and Analysis in Civil Engineering, edited by B.M. Ayyub, CRC College Park, Maryland.

Bennet, J. & Grice, T., 1990, Procurement System for Building, In : Brandon, P. (ed) Quantity Surveying Technniques : New Directions, Blackwell Scientific Publications, Oxford.

Bromillow, F.J., 1974, ‘Measurement and Scheduling of Construction Time and Cost Performance in Building Industry’, The Character Builder, 10.

Chan, A.P.C 1999, ‘Time-Cost Relationship of Public Sector Projects in Malaysia’, International Journal of Project Management.

Choudhury, I and Rajan, S.S. 2002,’Tiem Relationship for Residential Construction in Texas’, A & M University, College Station, Texas.

Dipohusodo, I., 1996, Manajemen Proyek dan Konstruksi, Kanisius, Yogyakarta.

Fortune, J. and White, D., 2006, ‘Framing of Project Critical Success Factors by a System Model’, International Journal of Project Management.

Hasan, M. I 2004, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakarta.

Hines, W.W. dan Montgomery, D.C. 1990, Probabilitas dan Statistika dalam Ilmu Rakayasa dan Manajemen, Edisi Kedua terjemahan Rudiansyah dan A.H. Manurung, UI Press, Jakarta.

Husin, B 1992, Linear Schedulling Method, Penerbit Unsyiah,Banda Aceh.

Kerzner, H.K 2006, Project Management- ASystem Approach to Planning, Schedulling and Controlling, John Wiley and Sons, Inc. New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.