Analisis Kapasitas Dinding Barrier terhadap Beban Ledakan.

Amir Mukhlis

Abstract


Pada kekuatan detonasi tertentu, beban ledakan dapat mengakibatkan kegagalan bangunan. Ada banyak bangunan gedung tidak didesain untuk menahan beban ledakan sehingga dibutuhkan suatu solusi penanganannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam penelitian ini dilakukan studi analisis dengan struktur dinding barrier yang berfungsi untuk menghalani beban ledakan ke struktur bangunan gedung. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi ketahanan dinding struktur yang bertujuan untuk menahan beban ledakan di atas permukaan tanah. Pembebanan dilakukan dengan menggunakan TM 5-1300 (Manual Struktur untuk Menahan pengaruh Beban Ledakan secara Tiba-tiba) dan ASCE (Publikasi Perencanaan Gedung Tahan Ledakan dalam Fasilitas Petrokimia). Model struktur yang digunakan adalah dinding dengan ketebalan 10 cm, lebar 6 cm dan tingi 2 m. pemberian beban dilakukan dengan variasi jarak pusat ledakan terhadap objek dan berat detonasi bahan peledak. Hasil penelitian menunjukkan pada jarak 25 ft dan berat detonasi 12 lbs, elemen struktur dalam keadaan tidak aman.

Kata kunci : simulasi, analitis, ledakan, time history, barrier.


References


American Society of Civil Engineers, 1997, Design of Blast Resistant Buildings in Petrochemical Facilities, ASCE, Washington DC.

Department of The Army, Navy, and The Air Force, 1990, Structures to Resist The Effect of Accidental Explosion. (ARMY TM 5-1300/NAVY NAVFAC P-397/AIR FORCE AFR 88-22) Washington DC.

Lam, N., Mendis, P. & Ngo, T. 2004, ‘Response Spectrum Solutions for Blast Loading’, EJSE Vol 4, pp.28-44.

Mukhlis, A. 2010, Simulasi Analitis Pengaruh Beban Ledakan Terhadap Struktur Gedung., Master Theses, Universitas Syah Kuala.

Punch S.P.E 1999, Blast Design of Steel Structures to Prevent Progressive Collapse, SEAOC 1999 convention. Turner Engineers, Inc. Dallas, Texas. Pp. 131-140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.