PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PERKULIAHAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19

Novi Susilawati, Ruliani Ruliani, Rizana Rosemary

Abstract


Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran daring merupakan perubahan kebiasaan baru di mana dosen, guru, mahasiswa, dan siswa dituntut untuk beradaptasi terhadap perubahan ini. Pemanfaatan teknologi komunikasi, seperti whatsapp dalam pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam mengakses pendidikan di tengah pandemi Covid 19. Whatsapp yang semula dijadikan sebagai alat komunikasi dan penyebaran informasi kini beralih fungsi menjadi media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan media sosial whatsapp sebagai media perkuliahan daring. Implikasi dari pembelajaran daring tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat meningkatkan atau bahkan menurunkan kualitas pembelajaran, dan ini berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 178 responden. Hal ini dikarenakan jumlah populasi yang menggunakan media whatsapp tidak dapat diketahui satu persatu, namun melalui penggunaan media kuisioner maka dapat diketahui jumlah populasinya. Tahapan analisis data diurutkan kedalam tahap pemeriksaan (editing), pemberian indentitas (coding) dan proses pembeberan (tabulating). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial whatsapp selama perkuliahan daring di masa pandemi covid 19 adalah kurang efektif. Apabila dilihat dari kriteria rasio efektifitas jika hasilnya kurang dari 80% maka dinyatakan kurang efektif. Penggunaan media sosial whatsapp tidak selamanya efektif khususnya salam perkuliahan. Kesulitan mahasiswa dalam memahami materi membuat mahasiswa kurang fokus terhadap materi yang diberikan sehingga berdampak pada pemahaman materi bagi mahasiswa sehingga menghambat tujuan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Afnibar., & Fajhriani, D. (2020). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Al Munir Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 70-83.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin & Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-. Ruzz Media.

Barhoumi, C. (2015).The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students' Knowledge Management. Contemporary Educational Technology, 6(3), 221-238

Christopher, J. D. (2010). New Media and The Courts The Current Status and a Look at The Future Retrieved 18 Oktober 2020 from Conference of Court Public Information Officers. https://ccpio.org/wp-content/uploads/2012/06/2010-ccpio-report.pdf.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Ekawati, T. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Efektifitas Pembelajaran di MTS Aulia Cendikia Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah

Flew, T. (2008). New Media: An Introduction. New York: Oxford University Pers

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hardjana, A . (2000). Audit komunikasi: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Grasindo.

Husna, K. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Langsa di Tengah Pandemi Covid-19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2), 144-155

Jubilee, E. (2012). Rahasia Manajemen File. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Kadir, A., Triwahyuni, & Ch. Terra. (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Kemdikbud.go.id

Kominfo. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia Retrieved 18 Oktober 2020 from https://kominfo.go. id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam dunia/0/sorotan_ media.

McQuail, D. (2000). Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta: Andi.

Miladiyah, A. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Messenger Info dalam Pemberian Informasi dan Peningkatan Kinerja pada Sub Bagian Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Tesis. Universitas Hasanuddin Makassar.

Molinda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey Colombus, Ohio.

Pannen, P, dkk. (2001). Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Jurnal Mediator, 9(2), 383-392.

Siregar, E dan Hartini, N. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono, Y., Sjarif, D., Sofiati, N. A. (2017). Keuangan di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Andi Offset.

Thobroni, M & Mustofa, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran, Pengembangan Wawancara dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar- Ruzz.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3), 1-12.

Triwibowo. (2015). Deskripsi Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga dan SMP Negeri 2 Rembang. Bachelor Thesis. Universitas Muhammadiyah Padang.

Wahyuni, L. Y. (2016). Efektifitas Komunikasi melalui Aplikasi Whatsapp (Studi Terhadap Guru KPI 2021 di Whatsapp pada Mahasiswa KPI Angkatan 2012). Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.