PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 LANGSA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Khairul Husna

Abstract


Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah memasuki tahap operasional konkrit, sehingga memerlukan suatu media untuk dapat menangkap berbagai konsep yang ada. Salah satu mata pelajaran yang terkesan abstrak adalah matematika. Pembelajaran matematika memerlukan benda konkrit dan penjelasan dari guru. Saat ini kita sedang menghadapi virus yang sangat berbahaya yaitu virus corona. Adanya wabah virus corona ini menjadikan pembelajaran harus serba online, tidak terkecuali matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses belajar matematika selama pandemi virus corona ini berlangsung dan memaparkan dampak dari adanya daring selama pandemi virus corona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika dilakukan secara daring di MIN 3 Langsa dengan metode daring method yang proses pelaksanaan dilakukan dengan mengarahkan siswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah dengan baik, membuat konten dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah maupun mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online, di samping itu ada pula yang masih mengharuskan untuk orang tuanya mengambil tugas anaknya ke sekolah. Berbagai dampak dirasakan oleh guru, peserta didik, maupun orang tua selama pembelajaran daring di tengah pandemi ini, ada yang positif maupun yang negatif.

Keywords


Dampak Pembelajaran Matematika, Proses Pembelajaran Matematika, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anderson, J. (2020). Should Schools Close When Coronavirus Cases are Still Rare? Quartz.

Azzi-Huck, K., & Shmis, T. (2020). Managing the Impact of Covid-19 on Education Systems Around the World: How Countries are Preparing, Coping, and Planning for Recovery. World Bank Blogs.

Bakhtiar, T. (2016). Optimal Intervention Strategies for Cholera Outbreak by Education and Chlorination. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 31(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/31/1/012022

Domenico, L. Di, Pullano, G., Coletti, P., Hens, N., & Colizza, V. (2020). Expected Impact of School Closure and Telework to Mitigate Covid-19 Epidemic in France.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020), Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51-56.

https://www.alodokter.com/covid-19

https://stoppneumonia.id/informasi-tentang-virus-corona-novel-coronavirus/

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa- pandemi-covid-19

https://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah/

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Snelling, J., & Fingal, D. (2020). 10 Strategies for Online Learning During a Coronavirus Outbreak. Deas, Content and Resources for Leading-Edge Educators.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru (JPPG), 1(1), 51-62

Yani, M. (2018). Efektivitas Distractor pada Tes Pilihan Ganda untuk Mendeteksi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 125-138




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i2.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.