MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Muhsin Muhsin, T Arif Munandar

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Melalui kemampuan berpikir kritis siswa dapat mengorganisasi dan mengkonsolidasi berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan, disamping renegosiasi respon antar siswa akan dapat terjadi dalam proses pembelajaran. Pada akhirnya berpikir kritis dapat membawa siswa pada pemahaman yang mendalam tentang konsep matematika yang telah dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Delima dengan penarikan sampel menggunakan purposive sampling, maka terpilih kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Terpilihnya kedua kelas tersebut karena kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan matematika yang sama disamping itu kedua kelas tersebut diajarkan oleh guru matematika yang sama sehingga memudahkan peneliti dalam berkoordinasi. Instrumen yang digunakan adalah tes melalui pretest dan postest. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 16.0. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa p-value = 0,001, karena p-value < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian yang diperoleh adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Group Investigation

Full Text:

PDF

References


Agus, I. (2019). Efektifitas Guided Discovery Menggunakan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi dan Self-Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120-132.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran berbasis Masalah. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.

Johnson, E. B. (2006). Contextual Teaching & Learning: what it is and why it’s here to stay. Translated by Setiawan, I. Bandung: MLC.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Maulana, M. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (2010). Thinking Mathematically. London: Pearson Education.

Mawaddah, S. & Authary, N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Aritmatika Sosial. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(1), 106-113

Pramukantoro, Pradhana, dan Viryan, G. (2013). Perbedan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 661-668.

Rohaeti, E. (2008). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Unpublished Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Setyaningsih, D.T., & Abadi, M.A. (2018). Keefektifan PBL Seting Kolaboratif Ditinjau dari Prestasi Belajar Aljabar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2) 190-200

Sumarmo, U. (2012). Kemampuan Disposisi Berpikir Logis, Kritis dan Kreatif Matematika (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think Talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33

Santoso, F.G.I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal FMIPA, 1(2), 157-169

Suparno, P. (2000). Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.