PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 BEUTONG

Basmi Basmi, Qurratu Aini, Mauizah Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi  pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain   rancangan  penelitian yang  digunakan   adalah   pretest-postest  Control Group Design. Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 yang masing-masing berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket motivasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik uji t (independent sample t-test) dan persentase. Hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel  (thitung  = 2,573 > ttabel = 1,701), sehingga Ha diterima. Berdasarkan  hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi  pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis angket motivasi siswa diperoleh 64% siswa sangat setuju, 27,33% siswa setuju, 8% siswa kurang setuju, dan 0,67% siswa sangat tidak setuju terhadap strategi pembelajaran Start with a Question (LSQ) dalam proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya respon positif siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Start with a Question (LSQ)  pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan  di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya yang mengakibatkan peningkatan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci:  Learning Start with A Question (LSQ), Hasil Belajar, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A.E. (2005). Prinsip-Prinsip Layanan dan Bimbingan Belajar. Padang: FIP IKIP.

Arikonto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, Bobbi & Mike,H. (2000). Terjemah Alwiyah Abdurrahman. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.III. Jakarta: Balai Pustaka.

Eveline dan Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ronny, K. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.

Pratiwi. (2009). Biologi SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silberman, M. L. (2008). Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif . Bandung: Nuansa Cendikia.

Margono. S. (2005). Metodologi Penelitian. Semarang: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, A. M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trisno, H. (2002). Metode Risearch. Yogyakarta: Fakultas Physikologi Universitas Gajah Mada.

Winarno. S. (2006). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Zulkifli. (2002). Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.