PENGARUH PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN WORD SQUARE PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 BANDA ACEH

Yeni Safrijar, Cut Novrita Rizki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran word square di kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-test Post-test Control Design Group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTsN 3 Banda Aceh dengan sampel siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen II. Data dikumpulkan denganmenggunakan tes hasil belajar yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis datadari kedua kelas diperoleh bahwa nilai thitung >  ttabel (3,199 > 1,995) berdasarkan nilai post-test. Sebaliknya berdasarkan nilai pre-test nilai thitung  ttabel (1,252  1,995). Jika thitung  > ttabel, Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan sebaliknya thitung  ttabel, Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di MTsN 3 Banda Aceh.

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS

VIII MTsN 3 BANDA ACEH


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Cv Yrma Widya.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Kunandar. 2013 Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurohman, S. 2008. Peningkatan thinking skills melalui pembelajaran IP berbasis konstruktivisme di sekolah alam, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (1), 128-144.

Perdani, Putri Naviah, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri Tugumulyo. Tahun Pembelajaran 2016/2017, Hal. 13.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryana, F, A., & Sunarti, T. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi IPA terpadu bunyi dan sistem pendengaran pada manusia di kelas VIII SMPN 1 Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 1(1), 77-80.

Triana, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Sumberharta. Tahun Pembelajaran 2016/2017, Hal. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.