PENGARUH METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

AKhmad Badrul Lubis, Nelfiarni Nelfiarni, Irda Murni

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model Everyone Is A Teacher Here terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siwa kelas IV SDN 20 Kurao Pagang, dengan mengunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini  adalah seluruh siswa SDN 20 Kurao Pagang, dengan menggunakan sampling purvosive sampel  dari penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Setelah dilaksanakannya tes akhir pada kedua kelas dengan kelas eksperimen mengenakan model Everyone Is A Teacher Here dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvesional maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 78,27, kelas kontrol sebesar 68,62, Hasil perhitungan uji-t tersebut didapat harga  dan pada taraf nyata 0,05 didapat harga . Dengan demikian H1 diterima karena dan H0 ditolak karena , sehingga H1  diterima. Pada motivasi belajar kelas eksperimen mendapat skor jenis motivasi intrinsik adalah 81,42 merupakan kategori yang sangat kuat. Diperoleh kesimpulan akhir yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 20 Kurao Pagang  Kota Padang .

Keywords


Model Everyone Is A Teacher Here, Motivasi, Hasil belajar, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rahmi. 2017. Korelasi Motivasi belajar menggunakan Media BerbasisVidio dengan Hasil Belajar kongnitif Siswa Pada Materi Gejala Alam di Kelas V SD Negeri 1 Pausangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5 (1), 30-35.

Albertus, Koesoema Doni. 215. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo.

Dimyati dan Mujiono. 2013.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Djamarah. B. Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyono, Wahyu. Ermida Simajuntak. D.N.A.R. Dewi. 2015. Pengaruh Metode wayang Kulit Terhadapa Motivasi Belajar Bahasa Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Experientia, Vol. 3, No. 2, 1-12.

Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teacing. Jakarta: PT. Ciputat Press.

Santrock. 2003. Life-Spam Develotment: Perkembangan Masa Hidup (Alih Bahasa: Achmad Chausari & Juda Damanik). Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno, Valiant Lukad Perdana. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 6, No. 1, Februari 2016. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/8118/6872.

Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Erlangga

Taufik, Taufina Dan Muhamadi. 2012. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidiakan Fip-Upi. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Impertal Bhakti Utama.

UNESCO. 2003. World Declaration on Education for All and Framerwork for Action to Meet Basic Lerning Needs. International Consultative Forum on Education for All Paris: UNESCO.

Wahyudi. (2014). Analisis Kontribusi Sikap Ilmiah, Motivasi Belajar Dan Kemandirianbelajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Stkip Pgri Pontianak. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 20–31.

Werdayanti, A., & Belakang, L. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 79–92.

Warsiti. (2003). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 384–387.

Zuliani, P., & Nasir, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here ( ETH ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Koloid Siswa Kelas XI IA di SMA Negeri 5 Banda Aceh Abstrak Pendahuluan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(1), 65–72.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i1,%20April.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.