PERSIAPAN PENGAJARAN SPEAKING PADA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH

Ayuna Netta, Siti Safura

Abstract


Speaking merupakan kemampuan utama yang harus dikuasai oleh mahasiswa yang mempelajari bahasa Inggris, maka dari itu dibutuhkan perhatian yang khusus agar mahasiswa mampu menguasai berbicara bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Salah satu dari beberapa aspek yang perlu diperhatikan dosen dalam pengajaran speaking adalah persiapan dosen sebelum mengajar agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana dosen-dosen bahasa Inggris Unmuha mempersiapkan pembelajaran mata kuliah Speaking di Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada dosen yang mengajar mata kuliah speaking. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mempersiapkan mata kuliah Speaking dengan baik dengan membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan silabus yang tersedia serta memilih metode, materi, dan media yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kata Kunci: Persiapan Pengajaran, Speaking


Full Text:

PDF

References


Afrani, S. (2009). Teaching Speaking at SMAN 1 Kepanjen. (Unpublished Thesis). Malang. State University of Malang.

Bailey, K. M. (2005). Practical English Language Teaching: Speaking. Inc. New York: McGraw-Hill Companies.

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. White Plains, New York: Pearson Education.

Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles. New York: Addison Wesley Longman Inc.

Burden, P.R. and Byrd, D.M. (1999). Methods for Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Goh, C. C. M, & Burns, A. (2012). Teaching Speaking, a Holistic Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Harmer. J. (2007). The Practice of English Language Teaching. New York: Pearson Longman Publishing.

Kasim, U. (2003). Classroom Interaction in the English Department Speaking Class at the State University of Malang. (Unpublished Dissertation), Malang: State University of Malang

Lindsay, C. & Knight, P. (2006). Learning and Teaching English: A Course for Teachers. Oxford: Oxford University Press.

McDonough, J., & Shaw, C. (2003). Materials and methods in ELT: A teacher's guide. Malden, MA: Blackwell Pub.

Miles, M.B, dan Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. 2nd Ed., Newbury Park, CA: Sage.

Morozova, Y. (2013). Methods of enhancing speaking skills of elementary level students. Translation Journal, 17(1).

Murcia, C. M, & McIntosh, L. (1989). Teaching English as a Second or Foreign Language. Washington: Newbury House.

Nicolic, V, & Cabaj, H. (1999). Am I Teaching Well? Self Evaluation Strategies for Effective Teachers. Toronto.

Pollard, L. (2008). Lucy Pollard’s Guide to Teaching English. A Book to Help You through Your First Two Years in Teaching. London: All Rights Reserved.

Salirawati, Das (2005) Persiapan Pembelajaran, Makalah disampaikan dalam Workshop Strategi Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga di PPPG Kesenian.Savignon, S. J. (1991). Teaching for Communicative. English Teaching Forum. Vol. XXIX, No. 2 April.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v5i2.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.