MODEL PENILAIAN PROGRAM PENDIDIKAN GURU PRAJABATAN

Puji Ariani

Abstract


Tuntutan terhadap institusi pendidikan guru untuk menghasilkan guru yang berkualitas dan berkompetensi adalah prasyarat bagi terwujudnya sistem pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas program pendidikan guru, penilaian yang berkelanjutan harus selalu dilakukan. Model penilaian Konteks Input Proses Produk (KIPP) yang dikemukakan oleh Stufflebeam dapat digunakan untuk menilai keefektifan program pendidikan guru prajabatan. Penilaian dilakukan bukan hanya terhadap output program, tetapi juga penilaian kepada input dan proses. Kelengkapan hasil penilaian melalui model ini mampu memberikan dasar yang lebih baik untuk mengambil keputusan dalam memilih alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas program.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Shabudin Yahaya, Azizi Muda & Kartini Abdul Mutalib. 2010. An Evaluation of Secondary School’s Solid Waste Recycling Programme in three Municipal Councils of Selangor. Jurnal Penyelidikan Dedikasi IPG Kampus Ipoh 2,12-25.

Anthony, J.B. 2009. Teacher retention: Program Evaluation of a beginning teacher and mentor program. Doctoral Dissertation.Retrieved from ProQuest Dissertation & Theses (PQDT) database. (305128403)

Antoro, Billy. Meninjau Ulang Kurikulum LPTK. Majalah Transformasi, edisi 37 Februari 2005. Jakarta: Lembaga Pers UNJ.

Azhar. 2009. Kondisi LPTK sebagai Pencetak Guru yang Profesional. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Vol. 6 No.1 Juni 2009.

Boone, A. 2010. A formative evaluation of components of Mississipi’s 21 st century redesign initiative for grades 7,8 and 9. Doctoral Dissertation. Retrieved from ProQuest Dissertation & Theses (PQDT) database. (305128403)

Brinkerhoff, R.O. 1986. Expanding need analysis.Training and Development Journal, 40, pp. 64-65.

Doni Gustion. 2012. Evaluasi Program Praktik Kerja Industri di SMK Negeri I Palembayan. Penelitian Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Downes, D.M. 2007.Designing evaluation tools for the differentiated instruction staff development initiative.Doctoral Dissertation.Retrieved from ProQuest Dissertation & Theses (PQDT) database. (304860594)

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermana Soemantri. 1995, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan sebagai paradigma baru pendidikan guru di Indonesia, Jurnal Pendidikan Indonesia no.3

Jabeen Fatima. 2010. A Study on Evaluation of Post-Graduate Programmes of Teacher Education in Pakistan. Tesis Doktor Falsafah. University Institute of Education and Research Pir Mehr Ali Shah Arid Agriculture University, Rawalpindi, Pakistan.

Jamil Ahmad. 2002. Pemupukan budaya penyelidikan di kalangan guru di sekolah: Satu penilaian. Tesis Doktor Falsafah, Jabatan Asas Pendidikan. Universiti Kebangsaan Malaysia.

Jordan, M.A. 2007. Third-year evaluation of the University of North Texas/Dallas Independent School District/Southern Regional Education Board Leadership Development Program.Doctoral Dissertation.Retrieved from ProQuest Dissertation & Theses (PQDT) database. (304828609)

Kodri Madang. 2007. Masalah-masalah yang dialami calon guru dalam pembelajaran di LPTK dan ketika melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL),FKIP Universitas Sriwijaya,

http://yantig-unesa.blogspot.com/2007/09/masalah- masalah-yang- dialami-calon- guru-html

Kuo-Hung Tseng, C.Ray Diez, Shi-Jer Lou, Hua-Lin Tsai, Tien-Sheng Tsai. 2010. Using the Contex, Input, Proses and Product Model to Asses An Engineering Curriculum. World Transactions on Engineering and Technology Education, Vol 8, No 3.

Morrison. (2005). Trial by fire.Educational Leadership. May 2005.

Muhammad N.H. 2006. Quality Education Needs Quality Teacher: Our Education Our Thoughts. Campaign for Popular Education Bangladesh.

Norasmah Othman. 2002. Keberkesanan program keusahawanan remaja di Sekolah Menengah. Tesis Doktor Falsafah. Universiti Putra Malaysia.

Novendri, Herman. 2005. UNJ Menyiapkan Guru, Sudah Serius? Majalah Transformasi, edisi 37 Februari 2005. Jakarta: Lembaga Pers UNJ.

Nyayu Khodijah. 2012. Evaluasi Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah di Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.Tahun 16, No 1.

Nyoman Mursa Winata. 2012. Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Program Paket C (setara SMA) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “Widya Sentana” Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung th pelajaran 2011/2012. Tesis Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Patton, M.Q. 1990. Qualitative evaluation and research method.Ed. ke-2. Edt.Newburny Park, C.A : SAGE

Paulus Mujiran. 2006. Atasi stagnan pemikiran pendidikan. Media Indonesia2 Nov 2006.

Smith, J.L. 2009.A case study of the implementation and outcomes of a smaller learning community.Doctoral Dissertation.Retrieved from ProQuest Dissertation & Theses (PQDT) database. (305158924)

Suparno, Paul. Calon Guru Tidak Profesional?

http://www.depdiknas.go.id/sikap/isue/sentral./F31.18-02-2005

Stufflebeam, D.L. 2003.The CIPP model for evaluation.In T.Kellaghan & D.l Stufflebeam (Eds).The International Handbook of educational evaluation (chapter 3). Boston: Kluwer

Stufflebeam, D.L., & Shinkfield, Anthony J. 1985.Systematic Evaluation: A Self- Instructional Guide to Theory and Practice. Kluwer-Nijhoff (Boston).

Stufflebeam, D.L., & Shinkfield, Anthony J. 2007. CIPP Model for Evaluation: An improvement accountability approach. In D.Stufflebeam (Ed.), Evaluation theory, models and applications (pp 325-365).San Fransisco, Jossey-Bass.

Tomlinson,H. 2004. Educational Leadership-personal growth for professional development. London: Saga Publications.

Yarbrough D.B, Shulha L.M, Hopson R.K & Caruthers F.A. 2011.The program evaluation standards: A guide for evaluators and evaluations user (3rded). Thousand Oaks, CA:Sage




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.