PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR RUANG (OUTDOOR EDUCATION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP N 3 BANDA ACEH PADA MATERI EKOSISTEM

Tahara Dilla Santi

Abstract


Pembelajaran IPA dengan metode konvensional masih belum efektif, siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa salah satunya dengan pembelajaran luar ruang (outdoor education). Pembelajaran luar ruang  memberikan kesempatan siswa langsung belajar dari alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran luar ruang terhadap prestasi belajar siswa SMP N 3 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu perencanaan berupa pretest, pelaksanaan pembelajaran luar ruang dan tahap akhir berupa post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah kelas VII1 dan VII2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap awal (pretest) diperoleh thitung = 0,98 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak ada perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimental. Setelah pelaksanaan pembelajaran luar ruang, hasil post-test diperoleh thitung = 0,015 lebih kecil dari 0,05 sehingga ada perbedaan antara kedua kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada kelas eksperimen dengan nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan pencapaian KKM≥ 70 sebanyak 20 siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran  luar ruang (outdoor education) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Banda Aceh, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA materi ekosistem.


References


Agus, Wasisto Dwi. Pembelajaran Biologi Yang Berbasis Imtaq Dengan Pendekatan Integratif (Science, Enviorenment ,Society,Technology And Religion) (Online), (2009).

Ali, Hamdah. 2008. Efektivitas Pembelajaran Melalui Metode Outdoor Study dalam upaya Meningkatkan Minat Belajar siswa di SMPN 2Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Journal Bionatur Vol 8 (1): hlm. 18-23.

Arqinila, Tias Ellsa. Efektivitas Pembelajaran Gambar Bentuk Indoor Dan Outdoor Di Kelas VII Smp Negeri 1 Rembang Purbalingga. Eduarts: Journal Of Arts Education 2 (1) (2013).

Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Esmiyati. (2013). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Bervisi Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Tema Ekosistem. Usej 2 (1) (2013).

Fernando, Ari. (2013). Skripsi: Penerapan Metode Outdoor Study Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII B SMPN 3 Tempel.

Mulyani, Sri E.S., dkk. (2007). Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar. Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: FMIPA UNNES.

Murtafi’ah, Rita. (2008). Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IIa SMPN 2 Amuntai Utara Pada Pembelajaran Biologi Semester Genap Tahun 2005/2006 Melalui “Strategy Basedstudent’s Request”

Santiningtyas, Kartika, dkk. Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap hasil Belajar Materi Ekosistem. Unnes.J.Biol.Educ. 1 (2) (2012)

Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suhardi. (2007). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. FMIPA UNY




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.