ANALISIS SOSIOLOGIS PENGEMBANGAN KURIKULUM

Zulkifli Zulkifli

Abstract


Perencanaan sebuah kurikulum pada aspek pembelajaran harus mempertimbangkan aspek sosial. Sudah seyogyanya aspek sosiologis perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum agar peserta didik tidak salah dalam pegangan dan tidak salah dalam berperilaku di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis aspek secara sosiologis dari pengembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang bertujuan untuk mendapatkan teori-teori ataupun konsep-konsep sebagai bahan penguat terhadap temuan dalam penelitian ini. Hasil analisis diperoleh bahwa landasan sosiologis sangat penting ada dalam pengembangan kurikulum. Pada prinsipnya dalam pengembangan kurikulum di satuan pendidikan harus mencerminkan keinginan, cita-cita tertentu dan kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kalau pendidikan memperhatikan aspirasi masyarakat, dan pendidikan mesti memberikan jawaban atas tekanan-tekanan yang datang dari kekuatan sosio-politik-ekonomi yang dominan. Landasan sosiologis pengembangan kurikulum adalah asumsi-asumsi yang berasal dari sosiologis yang dijadikan titik tolak dalam pengembangan kurikulum. Landasan ini didasari bahwa pendidikan adalah proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Setidaknya terdapat dua pertimbangan sosiologis yang dijadikan landasan dalam pengembangan kurikululm, yaitu: (1) setiap orang dalam masyarakat selalu berhadapan dengan masalah anggota masyarakat yang belum dewasa dalam kebudayaan, maksudnya manusia yang belum mampu menyesuaikan diri dengan kebiasaan kelompoknya; dan (2) kurikulum dalam setiap masyarakat merupakan refleksi dari cara orang berfikir, merasa dan bercita-cita atau kebiasaan. Oleh karena itu untuk membina struktur dan fungsi kurikulum diperlukan pemahaman terhadap budaya.

Keywords


Sosiologis, Pengembangan Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya

Khalim, A. D. N. (2019). Landasan Sosiologis Pengembangan Kurikulum sebagai Persiapan Generasi yang Berbudaya Islam. Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, 2(1). 2599-2732.

Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Anugerah Utama Remaja

Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi III. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Prasetyo, A. R., & Hamami. T. (2020). Prinsip-Prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 42-55

Raharjo, R. (2012). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Yogyakarta: Baituna Publishing

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Setiawan, A. (2018). Landasan Sosiologis Pengembangan Kurikulum Sebagai Persiapan Generasi yang Berbudaya Islam. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 9(2).

Setiyadi, B., dkk. (2020). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1).

Sukmadinta, N. S. (1997). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Umami, N. N. (2019). Prinsip Umum dan Khusus Pengembangan Kurikulum (Implikasinya Terhadap Penerapan Kurikulum 2013). Jurnal As-Salam, 8(1)




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.