ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL CASE METHOD BERBASIS DARING DI KELAS X IPS 1 SMAN 11 MEDAN

Ika Permata Sari, Kms Muhammad Amin Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model case method berbasis daring pada mata pelajaran matematika, analisis efektivitas pembelajaran menggunakan case method berbasis daring ditinjau dari aktivitas belajar siswa, respon belajar dan hasil belajar siswa dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model case method berbasis daring di kelas X IPS 1 di SMAN 11 Medan yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket respon belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Pembelajaran matematika dengan model case method dilaksanakan secara daring di Kelas X 1 IPS SMAN 11 Medan dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting; (2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model case method berbasis online di Kelas X IPS 1 SMAN 11 Medan belum efektif karena indikator aktivitas belajar dan hasil belajar belum memenuhi kriteria; dan (3) Kendala selama pembelajaran dengan metode online melalui model case method berbasis kuota paket data siswa dan kekuatan jaringan internet siswa kurang mendukung, sehingga siswa membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian model pembelajaran dan keterampilan mengajar guru yang harus ditingkatkan.

Keywords


Efektivitas; Case method; Matematika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal Of Education, 6(2), 131-146.

Ahmad, A. dan Jaya, I. (2021). Biostatistik Statistik dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kencana.

Alwiyah D. & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, 3(4), 95-103.

Arianto, H & Fauziah, H. N. (2020). Students Response to the Implementation of Case Based Learning (CBL) Based on HOTS in Junior High School. Insecta, 1(1), 45-49.

Jamaludin. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Keterbatasan Akses Internet di Pelosok Desa Era Covid-19 (Studi Kasus SMK Telkom Medan). PakMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 49-55.

Nazariah & Andrian, R. (2018). Pendekatan Kemandirian Belajar Terhadap Kecemasan pada Proses Pembelajaran. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 97-103.

Santi, M. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Melalui Aplikasi Google Classroom di Kelas VII.2 SMP Negeri 3 Lubuk Linggau. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 43-53.

Sari, N & Surya, E. (2017). Analysis Effectiveness Of Using Problem Posing Model In Mathematical Learning. International Journal Of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3),13-21.

Sobri, M., Muid, A & Daud, S. M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Case Method dalam Mengatasi Demotivasi Belajar Daring Mata Kuliah Muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 2(2) ,1-11.

Suyanto, Amal, A. I., Noor, A. dan Astutik, I. T. 2018. Analisis Data Penelitian Petunjuk Praktis Bagi Mahasiswa Kesehatan Menggunakan SPSS. Semarang : UNISSULA PRESS

Utami, L. W & Indriyanti, D. R. (2014). Penerapan Metode Case Study Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Materi Hama dan Penyakit Tumbuhan. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 43(2), 79-84.

Widiastuti, F., Amin, S. & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Jurnal Edumaspul, 6(1), 728-731.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan.

Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.