PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA SMP NURUL HUDA PAJARAN PONCOKUSUMO

Nurwakhid Muliyono

Abstract


Menulis sebagai materi pembelajaran dapat berupa beberapa bentuk, namun yang sering membuat siswa kesulitan adalah puisi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku panduan menulis puisi menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Tahapan penelitian ini mengacu pada Borg dan Gall yang terdiri dari 9 tahapan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba terbatas; (5) revisi untuk uji coba produk utama; (6) uji coba lapangan; (7) revisi untuk uji coba produk operasional; (8) uji coba produk operasional; dan (9) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test dengan SPSS 17.0. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan menulis puisi yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah menengah pertama. Sedangkan hasil validasi dapat diketahui bahwa rerata skor validasi ahli secara total adalah 3,2 dengan persentase 66,4%. Hasil ini termasuk dalam kategori cukup layak. Deskripsi hasil validasi ahli ini adalah: 1) hasil validasi ahli materi rerata skor adalah 3,8 atau 76,9% dengan kategori layak; 2) hasil validasi ahli desain skor adalah 2,6 atau 52,3% dengan kategori cukup layak; dan 3) hasil validasi ahli bahasa skor adalah 3,2 atau 64,4% dengan kategori cukup layak. Pada aspek kepraktisan yang didapatkan dari hasil angket siswa kelas VII SMPN Nurul Huda Pajaran rerata skor adalah 3,4 atau nilai respon siswa sebesar 85,9% yang termasuk pada kriteria sangat praktis. Sedangkan pada aspek keefektifan hasil penguasaan materi siswa 86,9 % siswa telah memenuhi nilai ketuntasan minimal.

Keywords


Pengembangan, Buku Panduan, Puisi, Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Desyandri, M., Mansurdin & Fahmi, R. (2019) Development of Integrated Thematic Teaching Material Used Discovery Learning Model in Grade V Elementary School. Jurnal Konseling dan Pendidikan.7(1),16-22. http://S.DOI: https://doi.org/10.29210/129400.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.

Mei, F. A., Teguh, S., & Mardikantoro, H. (2012). Pengembangan Cerita Anak Berwawasan Budi Pekerti Bagi Pendidikan Karakter. Journal of Primary Educational. 1,1-5

Nirmalasari, D., B. Mulyani, & B. Utami. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map dan Crossword Puzzle Pada Metode Proyek Ditinjau dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Semester Genap Sma N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 110- 117.

Norra, L. & Jamil, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill Siswa SMP Muhammadiyah 03 Karangpandan, Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (2), 64-73.Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwasari, Y. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi dan Benda Langit Melalui Peta Pikiran Pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 2 (1), 536- 542

Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, H. G. (2016). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.