DAMPAK IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Fenny Febrianty, Soni Mulyawan Setiana, Anisa Arianingsih, Mohammad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Penelitian ini merupakan penelitian survei melalui metode deskriptif, sedangkan alat pengumpulan data berupa kuesioner online dari Ditjen DIKTI dengan respon berjumlah 140 orang mahasiswa Program Studi Sastra Jepang FIB UNIKOM. Teknik analisis data melalui penggambaran, peringkasan, dan pembacaan fenomena yang diperoleh melalui kuesioner. Melalui penelitian ini dapat diketahui persepsi mahasiswa Program Studi Sastra Jepang FIB UNIKOM terhadap Program MBKM adalah baik pentingnya kegiatan pembelajaran di luar program studi yang sangat berguna untuk menghadapi masa setelah lulus kuliah. Dampak positif dari pengimplementasi Program MBKM bagi Program Studi Sastra Jepang FIB UNIKOM sangat baik, hal ini dikarenakan mampu meningkatkan kinerja Program Studi untuk menjajaki kerjasama dengan berbagai mitra di lingkungan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar mahasiswa, serta mengadaptasi sistem konversi nilai Program MBKM ke dalam program internship ke Jepang sehingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

Keywords


MBKM, Implementasi, Dampak, UNIKOM

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4 (1),195-205

Bustam, M. R. (2020). Ambiguitas Struktural Pada Heading Portal Berita The Jakarta Post Dalam Pemberitaan Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 11(2), 55-67

Khaeruddin., Arwadi, F., & Majid, A. F. (2021) Meningkatkan Pemahaman Dosen terkait Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Tersedia https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/issue/view/1573

Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka di Era New Normal. Bintang Visitama Publisher.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. [E-book] Available: https://osf.io/mfzuj

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Daring Nasional: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020 Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/ E-ISBN : 978-602-5830-27-3 h.29-43

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Mengikuti Kampus Merdeka dengan Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 12(3), 1003-1012.

Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6

Yani, M. (2021). Blended Learning dan Kurikulum Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Pendidikan Karakter Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Berbasis Integrasi Keilmuan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Juni 2021, 237-247




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.