PETA KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN ACEH TENGAH

Ramli -

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peta kompetensi siswa SMA di Kabupaten Aceh Tengah pada mata pelajaran yang di-UN-kan? (2) apakah faktor penyebab siswa belum menguasai kompetensi tertentu? (3) bagaimanakah model penyelesaian yang tepat terhadap permasalahan yang ada sebagai langkah konkret intervensi yang harus dilakukan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Pendekatan yang ditempuh adalah Grounded Research, yakni mengamati kondisi responden dan sumber data lainnya secara langsung dengan menggunakan instrument-instrumen seperti pedoman wawancara, angket atau kuesioner, dokumentasi, check list, dan FGD. Sesuai dengan tujuan dan luaran penelitian yang diharapkan, maka subjek penelitian sebagai sumber data dalam penelitian ini meliputi; i) dokumentasi hasil UN tiga tahun terakhir (Tahun 2007/2008 sampai dengan Tahun 2009/2010). Adapun jumlah SMA yang dipilih sebagai sampel tiga SMA; ii) siswa SMA Kelas XI. Jumlah siswa sebagai sampel 90 orang; iii) guru mata pelajaran yang di-UN-kan yang berjumlah 9 orang; iv ) Kepala sekolah 3 orang; v) wakil kepala sekolah, vi) Kepala Tata Usaha, dan vii) unsur dinas pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah 1 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53 KD mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bermasalah pada SMA di Kabupaten Aceh Tengah, dengan rician 20 KD berada di Kelas X, 15 KD terdapat di kelas XI, dan  18 KD berada di Kelas XII. Hasil penelitian ini sangat menarik karena KD yang mudah, baik menurut data UN, siswa, dan guru hanya sebagian kecil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum KD mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada tataran sulit pada siswa di kabupaten Aceh Tengah.

 

Kata kunci: peta kompetensi, mata pelajaran Bahasa Indonesia  

 


References


Bloom, B. Human Characteristics and School Learning. New York: Mc Grow Hill.

Dalyono. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Idris, J. 2005. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Suluh

Press.

Mulyana. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tirtaraharja, Umar dan La. Sula. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.