PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP 1 KUTA BARO ACEH BESAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL TPS DENGAN PENDEKATAN CTL

Khairiah -

Abstract


Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa aspek berbicara diupayakan melalui pengimplementasian salah satu model pembelajaran aktif dan pendekatan kontekstual. Berdasarkan kriteria tersebut, rumusan masalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah “Bagaimanakah implementasi model TPS (Think Pair and Share) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP? PTK ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar pada tahun 2010, dengan jumlah siswa 20 orang. PTK yang dilaksanakan selama dua siklus ini telah behasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dengan hasil  yang diperoleh sebagai berikut: (1) Jumlah siswa yang aktif berbicara meningkat dari 60% pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus kedua, (2) Banyaknya siswa yang berpersepsi positif terhadap kegiatan pembelajaran berbicara pada akhir siklus pertama tercatat 61,67% dan pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 72,78%, (3) Skor rata-rata keterampilan berbicara pada pertemuan pertama siklus pertama adalah 56,5 dengan jumlah siswa yang tuntas 35%, pada pertemuan kedua, skor rata-rata mereka meningkat menjadi 66,4 dengan jumlah siswa yang tuntas 55%, dan pada akhir siklus kedua skor rata-rata kelas menjadi 68,5 dengan jumlah siswa yang tuntas 70%. Sungguhpun keterampilan berbicara siswa meningkat, namun jumlah siswa yang tuntas belum mencapai 85% sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

 

Kata kunci: aspek berbicara, model TPS, pendekatan CTL,

                     penelitian tindakan kelas.


References


Depdiknas. 2008. Panduan Penyusunan Portofolio. Jakarta: Dirjen Dikti

Depdiknas. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Bintek SMP 2008. Jakarta

DePorter, et. al. 2005. Quantum Teaching. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Ibrahim, et. al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Malang

Mukhtar, dan Martinis Yamin. 2007. Sepuluh Kiat Sukses Mengajar di Kelas. Jakarta: Nimas Multima

Nurhadi, 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Depdiknas

Rustana, Cecep E., 2002. Manajemen Peningkatan Mutuberbasis Sekolah. Jakarta, Depdiknas

Shadiq, Fajar. 2000. “Implikasi Konstruktivisme dalam Proses Pembelajaranâ€, Pelangi Pendidikan, Vol. 2 Nomor, Tahun 1999/2000. Jakarta: Proyek PPM-SLTP Depdiknas.

Slavin, Robert E., 2005. Cooperative Learning. Tokyo : Allyn and Bacon

Tarigan, Djago, dkk. 1998. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, HG. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yani, Bainuddin, 2005. “Peranan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning ) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Aceh Besarâ€, dalam Jurnal Mon Mata, Vol. 7 No. 1, Maret 2005, pp. 50-61. Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.