IS IT IMPORTANT TO TEACH THE CULTURE OF ENGLISH WHEN WE TEACH ENGLISH?

Lina Farsia

Abstract


Belajar bahasa yang baik dapat ditempuh dengan mempelajari budaya dari bahasa tersebut. Pembelajaran sebuah bahasa tidak akan sempurna tanpa menguasai budayanya.  Namun, hal ini berbeda dengan  pengajaran bahasa Inggris. Bahasa Inggris  merupakan bahasa lingua franca dunia,  yaitu bahasa yang dipakai  oleh orang–orang berbeda bahasa ibunya untuk saling berkomunikasi dengan berbagai tujuan. Hal ini menyebabkan timbulnya variasi bahasa Inggris yang digunakan oleh orang dari berbagai macam negara dan akhirnya terbentukalah berbagai macam jenis bahasa Inggris yang baru atau “New Englishes†dan aksen yang berbeda-beda. Akan membingungkan buat guru yang mengejarkan bahasa Inggris di sekolah dan menimbulkan pertanyaan seperti “Apakah penting mengajarkan budaya dari bahasa Inggris kepada murid dan budaya dari negara mana yang harus diajarkan kepada murid ketika seorang guru mengajarkan bahasa Inggris karena bahasa Inggris tidak  hanya milik negara Amerika dan Inggris saja, tetapi juga negara-negara lain juga memiliki hak yang sama terhadap bahasa Inggris. Tulisan ini mencoba untuk memberikan satu sudut pandang terhadap pengajaran budaya dari bahasa Inggris dan mencoba memberikan alternatif terhadap pembelajaran budaya bahasa Inggris.

 

Kata kunci: belajar bahasa Inggris, budaya, lingua franca dunia


References


Canagarajah, S, 2006, An Interview with Suresh Canagarajah, in R.

Rudby & M. Saraceni (ed.), English in the world, continuum, New York, pp. 200-211

Decapua, A & Wintergerst AC 2010, Crossing Cultural in Language

Classroom, The University of Michigan Press, United States of America.

Gupta, AF 2006, ‘Standard English in the world’, in R. Rubdy & M

Saraceni (ed.), English in the World, Continuum, New York, pp.95- 109.

Henry, T NA, English as International Language, Topic 2, Study Guide,

Melbourne: Deakin University.

Holliday, A 2009, ‘The role of culture in English education: key

challenges, Language and Intercultural Communication, Vol.9, no. 3, pp. 144-155.

Holmes, J 2008, An Introduction of Sociolinguistics, 3rd edn, Pearson

Educated Limited, England.

House, J 2003, ‘English as Lingua Franca: A threat to

Multilingualism?’, Journal of Sociolinguistics, vol.7, no. 4, pp. 556-578.

Kirkpatrick, A 2006, ‘Which Model of English: Native- speaker,

Nativized or Lingua Franca?’, in R. Rubdy & M Saraceni (ed.), English in the World, Continuum, New York, pp.71- 83.

Kuo, I-C 2006, ‘Addressing the Issue of Teaching English as a Lingua

Franca’, ELT journal, vol. 60, no.3 p. 213-221

McArtthur, T 2003, Oxford Guide to World English, Oxford University

Press, New York.

McKay, SL 2002, ‘English as An International Language’, Teaching

English as An International Language: Rethinking Goals and Approaches, Oxford University Press, pp. 5- 25.

Ronowicz, E 2007, ‘Introduaction’, in E Ronowicz & C Yallop (ed.),

English: one Language, Different Cultures, Continuum, Newyork, pp.1- 23.

Rudby, R & Sarceni, M 2006, ‘An Interview with Tom McArthur’, in R.

Rubdy & M Saraceni (ed.), English in the World, Continuum, New York, pp.21- 31.

Trudgill, P 1999, ‘Standard English: What it isn’t’, in T Bex & RJ Watts

(ed.), Standard English: the Widening Debate, Routledge, New York, pp. 117-128.

Ur, P 2010, English as Lingua Franca and Some Implication for English

Teachers, Retrieved: 12 Mei 2010,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.