TRANSDISIPLINARITAS DALAM PEDAGOGIK MODERN

Edi Marwan

Abstract


Dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosiologi, politik dan ekonomi telah mengubah pandangan mengenai manusia dalam proses pendidikan. Pandangan pendidikan yang sempit yang dikenal sebagai pedagogisme berubah menjadi pendidikan sebagai suatu gejala sosial, ekonomi, politik dan bahkan pula meliputi gejala-gejala biologis dalam neuro science. Keseluruhan perkembangan ilmu pengetahuan tersebut juga mempengaruhi perkembangan ilmu pendidikan. Dan pendekatan pedagogik yang sempit diganti dengan pendekatan "transdisipliner" atau multidisipliner mengenai ilmu pendidikan.

 

Kata kunci : Transdisiplinaritas, pedagogik


References


Apple, Michael W. 2001. Educating the "Right" Way. Routledge Falmer. New York.

Apple, Michael W. 1996. Cultural Politics and Education. Teachers College Press.

Apple, Michael W. 1997. Ideology and Curriculum. Routledge & Kegan Paul. London.

Aronowitz, Stanley & Henry A. Giroux. 1993. Education Still Under Siege. Bergin and Garvey, Westport, Connecticut.

Castells, Manuel cs. 1999. Critical Education in the New Information Age. Rowman & Littlefield, Lanham.

Giroux, Henry A. 1983. Theory and Resistance in Education. Bergin & Garvey, New York.

Goleman, Daniel. 2007. Social Intelligence. Bantam Dell, New York.

Kampol, Barry. 1997. Issues and Trends in Critical Pedagogy. Hampton Press Inc, New York.

Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional. Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Penerbit Buku KOMPAS, Jakarta.

Tilaar, H.A.R. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan. Suatu Tinjauan dari Perspektif Studi Kultural. Indonesiatera, Magelang.

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme. Tantangan-tantangan Global Global dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Grasindo, Jakarta.

Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Gramedia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.