KONSEP UMUM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Ramli Abdullah

Abstract


Dalam rangka pelaksanaan fungsi dan tugas instruksional, guru menempatkan kedudukan sebagai figur sentral. Di tangan para gurulah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan di sekolah, serta di tangan mereka tumpuan harapan orang tuanya. Sedangakan konsep belajar itu selalu menunjuk kepada suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu. Sedangkan mengajar seperti yang dikatakan adalah membimbing. Berbeda dengan petani yang “membimbing†alam, guru harus membimbing pikiran. Guru bukanlah buku yang bisa bicara atau siaran televisi yang hidup, tapi guru harus bisa menciptakan dialog. Guru adalah orang dewasa yang karena jabatannya secara formal selalu mengusahakan terciptanya situasi yang tepat (mengajar) sehingga memungkinkan terjadinya proses pengalaman belajar (learning experiences) pada diri siswa, dengan mengerahkan segala sumber (learning resources) dan menggunakan strategi belajar mengajar (teaching-learning strategy) yang tepat (appropriate)

 

Kata kunci : Belajar, mengajar, siswa, guru


References


Abin Syamsudin Makmun. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

M. Ngalim Purwanto. 1985. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remadja Karya CV. Bandung.

Nana Syaodih, R. Ibrahim. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Soemanto, Wasti. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

http ://www.jalankenangan.net/celoteh/?p=:23 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.