THE SOCIOLINGUISTICS OF MOBILE PHONE SMS USAGE IN CAMEROON AND NIGERIA

Hendra Heriansyah

Abstract


Penggunaan teknologi dan informasi telah memberikan beberapa keuntungan dan mamfaat jika dalam hal penggunanan nya mampu digunakan dengan baik dan benar. Telepon genggam merupakan suatu peralatan elektronik yang komunikatif, efektif dan efesien karna telah memberikan banyak kemudahan bagi pengguna nya dimana saat ini banyak orang yang menggunakan alat komunikasi ini untuk berbagai tujuan atau keperluan yang berbeda-beda. Tujuan artikel ini untuk mendiskusikan dan memaparkan suatu hasil penelitian yang berhubungan dengan penulisan pesan atau teks dalam hal  penggunaan SMS (short message service) pada telepon genggam yang ditinjau dari sudut sosiolinguistik yang berkaitan dengan bahasa (linguistic) dan budaya (kultural).

Kata Kunci: Sosiolinguistik, penggunaan SMS pada telepon genggam (mobile phone)


References


Bodomo, & Lee. (2002). Linguistic Features of SMS texts in Hong Kong. Australian Journal of Communication, 11, 63-85.

Crispin, T. (2003). Generation TXT? The Sociolinguistics of Young people’s text-messaging. Washington: Washington University Press.

Ling, R. (1994). “A Taxonomy of Telephone Conversation based on the Callers: Preliminary Results of a Quantitative Examination.” Kjeller, Telenor fou (Fou Rapport 33/94). Online 24 March 2006. Available: http://archives/tele.com/ ling/ communication/ ut.html

McTaggart, R. (1996). ‘Appraising reports of enquiry’, in D Caulley, H Moore, & J Orton (eds), Social science methodology for educational inquiry: a conceptual overview, Beijing Teachers College Press.

Sala, B. M. (2006). Mobile Phone Usage in Cameroon. Paper presented at the international on Language, Literature and Education in Multicultural Societies. Yaounde, 11-14 May.

Spratt, P. 2000, ‘Social research method’, in R Jureidini & M Poole (eds), Sociology: Australian connection, 2nd edn, Allen & Unwin, St Leonards, N.SW; pp.215-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.