RETORIKA SEBAGAI SENI BERBICARA

Denni Iskandar

Abstract


Artikel ini membahas urgensi Retorika sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin mendapat tempat strategis dalam Kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Materi yang dibahas meliputi sejarah dan konsep Retorika. Sebagai seni berbicara, Retorika dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang tidak memanfaatkan Retorika dapat menimbulkan kebosanan sehingga perhatian anak didik tidak tercurah pada bahan yang disajikan. Pengajar yang cakap memanfaatkan Retorika dalam tugasnya akan disenangi anak didiknya.

 

Kata kunci: retorika, seni berbicara, pembelajaran bahasa 


References


Agung, Arman. 1989. Laporan Program Pembelajaran Pendidikan Kader (Materi Retorika). IKIP Gunung Sari Baru: Ujung Pandang.

Arsjad, Maidar G. dan Mukti US. 1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Bettinghaus, Erwin P. 1980. Persuasive Communication. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hendrikus, Dori Wuwur. 1999. Retorika (Terampil berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi). Kanisius. Yogyakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Smith, Donald K. 1969. Man Speaking: A Rhetoric of Public Speech. New Jersey: Dodd Mead.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.