PROFIL SEKOLAH MUHAMMADIYAH/AISYIAH DI PROVINSI ACEH

Ramli -

Abstract


            Sejak awal berdiri, Muhammadiyah/Aisyiah telah memiliki komitmen tinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan.  Hal ini tampak melalui keputusan-keputusan persyarikatan yang dengan konsisten setiap kali Muktamar (sebagai forum tertinggi persyarikatan) menetapankan program kerja lima tahunnya dalam bidang pendidikan, sejak pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Dampak dari komitmen ini, dari tahun ke tahun sekolah (pendidikan) Muhammadiyah/Aisyiah terus bertambah jumlahnya di seluruh Indonesia.

            Di Provinsi Aceh, sekolah Muhammadiyah/Aisyiah berjumlah lebih-kurang 60 buah dan tersebar di hampir seluruh kabupaten/kota. Sekolah-sekolah dimaksud adalah Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak Aisyiah (PAUD/TKA),  Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM), Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah (SMPM), dan Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah (SMAM/MAM/SMKM). Di samping itu, Muhammadiyah juga telah mendirikan satu universitas, yaitu Universitas Muhammadiyah Aceh dan beberapa Sekolah Tinggi/ Akademi Muhammadiyah.

            Selanjutnya, bagaimanakah kondisi sekolah-sekolah Muhammadiyah di Provinsi Aceh? Kondisi sekolah Muhammadiyah berbeda-beda. Ada sekolah yang kondisinya sangat bagus, ada pula yang mengkhawatirkan sehingga mempengaruhi kegiatan belajar-mengajar.

            Sejalan dengan pertanyaan di atas, tulisan ini hanya dibatasi pada dua jenjang, yaitu prasekolah, PAUD/TKA dan SDM saat ini. Hal-hal yang akan dideskripsikan, antara lain tentang sarana/prasarana, rasio jumlah guru, jumlah siswa, pembiayaan murid, dan prestasi yang telah dicapai sehingga menggambarkan profil PAUD/TKA dan SDM di Provinsi Aceh. Deskripsi ini didasarkan pada Data Base Sekolah Muhammadiyah Tahun 2010 yang dibuat oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Aceh.


References


Majelis Dikdasmen PWM Aceh. “Database Majelis Dikdasmen

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, 2010.”

Direktorat PAUD, Depdiknas. 2004. Jakarta

Mayuni, Ilza. Peningkatan Guru Bahasa Inggris melalui Pendidikan

dalam Jabatan. Bandung: Penerbit Lubuk Agung.

Pimpinan Pusat Aisyiyah, Tanpa Tahun. Sejarah Pertumbuhan dan

Perkembangan Aisyiyah. Devisi Penerbitan dan Publikasi PP.

Aisyiyah.

Ridho, Irsyad (Ed.). Pendidikan, Proyek Peradaban yang Terbengkalai.

Jakarta: Penerbit Transbook.

Alsyaibany, Omar Mohammad Altoumy. Filsafaat Pendidikan Islam.

Hasan Langgulung (pengalih bahasa). Jakarta: Penerbit Bulan

Bintang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.