OUTCOMES-BASED ASSESSMENT

Hendra -

Abstract


Peningkatan kualitas pendidikan telah menjadi prioritas yang utama bagi setiap negara dan pemerintah. Hal ini menjadi penting karna suatu negara dapat berkembang dengan cepat jika didukung oleh ketersedian sumber daya manusia yang memiliki sejumlah kompetensi dan keterampilan ( life skill) yang baik dan handal sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya; yang tujuan nya agar dapat memenuhi kebetuhan pasar tenaga kerja serta mampu mengelolah sumber daya alam yang ada dengan baik. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualiatas dan terampil salah satu nya dapat dilakukan melalui sistim pendidikan yang menekankan pada hasil pembelajaran dimana hasil kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh peserta didik dapat diukur dan diamati oleh seorang guru. Oleh karna itu, dalam hal ini pemerintah perlu membuat suatu sistim penilain dan evaluasi (assessment/evaluation) yang memuat sejumlah standar atau kompetensi tertentu yang harus dicapai atau dimiliki oleh seorang peserta didik dari suatu hasil proses pembelajaran.

 

 

Kata Kunci: outcomes-based assessment


References


Brindley, Geoff. (1998). Outcomes-based assessment and reporting in language learning programme: A review of the issues. Language Testing, 15 (1), 45-85.

(2001). Outcomes-based assessment in practice: some examples and emerging insight. Language Testing, 18 (4), 393-407.

Carey, James o; & Gregory, Vicki L. (2006). Towards Improving Student Learning: policy issues and design structures in course-level outcomes assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education, 28 (3), 216-227.

Carter, M; Anson, C. M; & Miller, C. R. . (2003). Assessing Technical Writing in Institutional Contexts: Using Outcomes-Based Assessment for Programmatic Thinking. Technical Communication Quarterly-Winter, 12 (1), 101-114.

MacKay, P. (2000). On ESL standards for school-age learners. Language Testing, 17 (2), 185-214..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.