FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI MEREK TOYOTA TIPE KIJANG INNOVA PADA PT DUNIA BARUSA BANDA ACEH

Nuzulman -

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris yang akan membahas tentang faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Mobil Merek Toyota Tipe Kijang Innova Pada PT Dunia Barusa Banda Aceh.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, kepribadian  dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli mobil Kijang Innova pada PT Dunia Barusa Banda Aceh. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfat bagi semua pihak yang memerlukan. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 konsumen pemilik mobil Kijang Innova yang terpilih secara convenience pada area pelayanan purna jual pada PT Dunia Barusa Banda Aceh. Data primer selanjutnya dianalisis dengan perangkat SPSS pada formulasi  regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi adalah Y = 0,375 + 0,229X1 + 0,219X2 + 0,242X3 + 0,190X4. Secara parsial pengaruh faktor budaya, sosial, kepribadian  dan faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil Kijang Innova signifikan dengan nilai t-table (1,9842) dengan tingkat probabilitas signifikan masing-masing 0,005, 000 dan 0,014 atau lebih kecil dari 0,005. Secara simultan pengeruh seluruh faktor dalam variabel bebas terhadap variabel terikat juga signifikan dengan nilai F-hitung (110,007) lebih besar dari F-tabel (2,4675). Hubungan variabel bebas dengan variabel terikat bersifat positif dan kuat dengan nilai R=90,70%. Pengaruh keempat faktor tersebut dalam keputusan pembelian mobil kijang Innova adalah sebesar R2=82,20%, selebihnya 17,80% dipengaruhi olah faktor-faktor lain yang tidak dirumuskan dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: faktor-faktor, kepuasan konsumen, merek Toyota 


References


Charles W. Lamb dan Joseph F. Hair, Jr, Carl McDaniel (2001). Pemasaran Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong (2001) Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P dan Susanto AB (2001) Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler Philip (2002) Manajemen Pemasaran Edisi Milinium, Erlangga, Jakarta.

Istijanto ( 2005 ), Riset Pemasaran, Gramedia, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, ( 2002 ) Dimensi Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Mangkunegara Prabu A.A.A ( 2005 ) Perilaku Konsumen, Refika

Malhotra, Naresh (1978), Marketing Research: An Applied Orientation, 4th ed, Prentice Hall, Inc

Monle Lee dan Carla Johnson (2004) Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Prenada Media, Jakarta.

Mowen J.C dan Michael Minor ( 2002 ), Perilaku Konsumen, Erlangga, Jakarta.

Nugroho J. Setiadi (2005) Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Kencana, Jakarta.

Rangkuti Freddy (2005) Marketing Analisys Made Easy, Gramedia, Jakarta.

Schiffman Leon dan Kanuk Leslie Lazar (2007) Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Indec, Jakarta.

Sakaran Uma (2005) Research Method For Business : Metode Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.