PRINSIP DASAR PEMANDUAN ATLET BERBAKAT

Razali -

Abstract


Prestasi olahraga dunia sejak beberapa tahun yang lalu telah ditampilkan secara luar biasa. Tingkat prestasi yang sebelumnya sangat sulit untuk dibayangkan, sekarang telah menjadi hal yang lumrah dan semakin lama semakin meningkat.  Kemajuan tersebut bukan hanya berkat dukungan sarana, prasarana, serta peralatan olahraga yang makin canggih, namun juga tidak lepas dari intervensi berbagai disiplin ilmu yang diterapkan dalam pemanduan atlet berbakat. Riset dalam berbagai ilmu telah membantu para pelatih untuk semakin meningkatkan kemahiran, keterampilan serta ilmu dalam teori dan metodologi pelatihan, khususnya dalam pemanduan atlet berbakat.

 

Kata kunci: Prinsip dasar,  atlet,  bakat.


References


Ateng, Abdulkadir. 1993. Keefektifan Model Pemasalan dan Kontribusinya terhadap Usaha Pencapaian Prestasi Olahraga 4 Besar Asia Tahun 2002. Makalah. Dipresentasikan pada Seminar Ilmiah Olahraga PON XIII. Jakarta.

Bompa Tudor O. 1994. Theory and Methodology of Training. Iowa: Kendal Hunt Publishing Company.

Burton, Allen W. and Daryl E. Miller. 1998. Movement Skill Assessment. USA: Human Kinetics.

Cholik, Mutohir T. 1995. Implimentasi Sistem Pemanduan Bakat dan Pembinaan Atlet Berbakat di Indonesia. Makalah. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Olahraga tanggal 14 September 1995. Jakarta.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Lutan, Rusli. 1993. Model Evaluasi dalam Konteks Pemasalan dan Pembibitan Olahraga. Makalah. Dipresentasikan pada Seminar Ilmiah Olahraga PON XIII. Jakarta.

Pate, Russell R. dkk. 1984. Scientific Foundation of Coaching. New York: Sounders College Publishing.

Sajoto, M. 1988. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

Siregar, M.F. 1993. Pemanduan Bakat dan Pembinaan Olahragawan Berbakat Landasan Utama Prestasi Tinggi. Jakarta: Koni Pusat.

Sudibyo Setyobroto. 1993. Psikologi Kepelatihan, Jakarta: CV. Jaya Sakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.