PENGEMBANGAN FKIP MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

Nasir Usman

Abstract


Pengembangan FKIP melalui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, dan kebijakan kurikulum potensial dalam suatu kegiatan pembelajaran, sehingga mahasiswa diharapkan dapat menguasai seperangkat kompetensi tertentu. Dengan begitu, pendekatan KTSP juga merupakan proses aktualisasi dari kurikulum tertulis. KTSP merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga lulusan FKIP dapat  memiliki sejumlah kompetensi yang sesuai kebutuhan di lapangan, khususnya yang dibutuhkan di era globalisasi.

 

Kata Kunci: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)


References


Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah .

Darni M. Daud. 2005. Wacana kependidikan Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Syiah Kuala Volome 6 Nomor 2, Mei 2005.

McAshan, H.H. 1983. Comprehensive Planning for School Administrasions. USA: Advocate Publishing.

Miller dan Seller. 1985. Curriculum: Perspectives and Practice. New York: Longman.

Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

----------, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prabawa Andi Haris, & Ariatmi Siti Zuhriah. 2002. Paradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun 2000. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Suderadjat. 2002. Pendidikan Berbasis Luas (BBE) yang Berorientasi pada Kecakapan Hidup Life Skill). Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Syaodih Sukmadinata, Nana 2001. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.