TAHAPAN BELAJAR MOTORIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Razali -

Abstract


Belajar motorik adalah belajar yang difokuskan pada penguasaan keterampilan gerak melalui respons-respons masculer sebagai hasil dari latihan .Dalam belajar motorik, materi yang dipelajari adalah pola-pola gerak keterampilan tubuh, misalnya gerakan-gerakan dalam olahraga Hal ini menunjukkan bahwa ranah kemampuan yang paling intensif keterlibatannya dalam belajar motorik adalah ranah psikomotor. Namun, bukan berarti ranah kognitif dan afektif tidak terlibat di dalam belajar motorik. Kedua ranah tersebut tetap terlibat meskipun tidak merupakan unsur sasaran sentral.  Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam belajar motorik adalah tahapan belajar motorik. Tahapan belajar motorik terdiri atas  tahap kognitif (cognitive stage), tahap asosiatif (associative stage), dan  tahap otonom (autonomous stage). Ketiga tahap ini harus mendapat perhatian lebih serius dalam belajar motorik agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan dengan waktu yang lebih efisien.

 

Kata kunci: tahap kognitif, tahap asosiatif, tahap otonom


References


Bompa, O. Tudor. Power Training for Sport, Plyometrics for Maximum, Power Development. Canada: York University, 1994

Burton, Allen W. and Daryl E. Miller. Movement Skill Assessment. USA: Human Kinetics, 1998

Drowatzky, John N. Motor Learning Principles and Practice. Minneapolis, Minnesota: Burgess Publishing Company, 1981

Good, Thomas L. and Jere E. Brophy. Educational Psychology, A Realistic Approch. New York and London: Longman, 1990

Kehoe, Thomas David. Motor Learning Theory. 1997 (http://www.casafutura-tech.com/ Book/Sciebce/motor.html)

Kiram, Yanuar. Belajar Motorik. Jakarta: Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Depdikbud, 1992.

Rahantoknam, B Edward. Belajar Motorik Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Depdikbud, 1988.

Schimidt, Richard A. Motor Learning and Performance from Principles to Practice. Illionis: Human Kineticks Publishers Inc., 1991

Siedentop, Daryl. Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. Mountain View, California: Mayfield Publishing Company, 1994.

Singer, Robert N. Motor Learning and Human Performance an Aplication to Motor Skills and Movement Behaviors. New York: MaCmillan Publishing Co. Inc., 1980.

Sugiyanto, dkk. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud, 1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.