KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA SMP SE-KOTA BANDA ACEH

Budiman -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru matematika SMP se-Kota Banda Aceh yang sudah lulus sertifikasi dan mereka yang belum lulus sertifikasi. Kompetensi profesional yang diteliti mencakup tiga aspek, yaitu kompetensi merancang RPP, kompetensi melaksanakan pembelajaran matematika, dan kompetensi merancang LKS. Populasi penelitian adalah guru matematika SMP se-Kota Banda Aceh, dengan syarat SMP yang diambil adalah ada guru yang lulus sertifikasi, dan diambil 15 SMP, dan setiap SMP diambil dua orang guru, masing-masing 15 orang yang sudah lulus sertifikasi, dan 15 orang yang belum lulus sertifikasi. Data dikumpulkan dengan tiga macam instrumen, yaitu: instrumen kompetensi membuat perencanaan pembelajaran (RPP), instrumen kompetensi melaksanakan pembelajaran, dan instrumen kompetensi membuat LKS, semuanya dengan rentangan nilai 1 – 5. Data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Data tersebut menunjukkan bahwa semua indikator yang dinilai umumnya pada skor 3 (cukup) dan 4 (baik). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa (1) Kompetensi guru matematika yang sudah lulus sertifikasi dalam aspek membuat RPP, melaksanakan pembelajaran, dan membuat LKS semuanya berada pada tingkat baik dengan rata-rata masing-masing 3,6; 3,6 dan 3,5; (2) Kompetensi guru matematika yang belum lulus sertifikasi dalam aspek membuat RPP, dan melaksanakan pembelajaran, berada pada tingkat baik dengan rata-rata masing-masing 3,6 dan 3,5, sementara kompetensi mereka dalam membuat LKS berada pada tingkat kurang baik dengan rata-rata 3,4; (3) Secara keseluruhan, kompetensi profesional guru matematika SMP se-Kota Banda Aceh yang sudah lulus sertifikasi maupun yang belum lulus sertifikasi berada pada tingkat baik, dengan rata-rata skor masing-masing 3,6 dan 3,5; dan (4) Tidak ada perbedaan kompetensi profesional guru matematika SMP se-Kota Banda Aceh yang sudah lulus sertifikasi dengan mereka yang belum lulus sertifikasi

 

Kata kunci: kompetensi, profesional, guru, sertifikasi, RPP, LKS


References


BNSP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indognesia, Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

DBE 2, 2009. “Pengembangan Silabus†, dalam : Active Learning in Higher Education (ALIHE)â€. Banda Aceh : Team Penyusun Bahan Pelatihan.

Depdiknas. 2006. Pedoman Pelatihan Guru Matematika-1. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2008. Panduan Penyusunan Portofolio. Jakarta: Dirjen Dikti.

Dinas Pendidikan NAD. 2004. Dokumen Tes Guru Mata Pelajaran Se-Nanggroe Aceh Darussalam. (Tidak Diterbitkan).

Entang, M. 1995. Diagnosis kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.

Hendayana, Sumar, et.al. 2006. Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan keprofesionalan Pendidik. Bandung: UPI Press.

Ibrahim, H. Muslimin, et.al. 2000. Pembelajaran Kooperatif, Bandung: UNESA University Press.

Johar, Rahmah, et.al. 2007. Pembelajaran Matematika SD-1. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Lambas, et.al. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika Jilid 3. Jakarta: Depdiknas.

Nurhadi. 2002. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas.

Nurhadi, Burhanuddin Yasin, dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas negeri Malang.

Reys, Robert E., et.al. 1998. Helping Children Learn Mathematics. Boston: Allyn and Bacon.

SEAMEO SEAMOLEC. 2007. Bahan Penataran pengembangan Kurikulum Integratif (Tidak Diterbitkan).

Siegel, Sydney. 1986. Statistik Non Parametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.

Sudjana. 1999. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

TIMNAS KTSP. 2009. Panduan Implementasi Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

TIMNAS KTSP. 2009. Bimbingan Teknis KTSP Kabupaten Kotaâ€. Jakarta: Depdiknas.

Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Wibowo, H. Mungin Eddy. 2009. Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: BNSP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.