PEMBELAJARAN KONSEP GEOMETRI DENGAN MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

Suhartati -

Abstract


Geometri merupakan bagian dari matematika yang selama ini mendapat sorotan karena rendahnya prestasi yang diperoleh siswa mulai dari siswa Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah  Lanjutan. Demikian juga yang terjadi di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Oleh karena itu, melalui penelitian ini dicoba menerapkan model pembelajaran advance organizer pada pembelajaran konsep segi empat dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hal-hal berikut: (1) Aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang dilaksanakan dengan model advance organizer, (2) Tanggapan siswa terhadap kegiatan dengan model model advance organizer, (3) Tingkat pencapaian hasil belajar siswa tentang konsep geometri yang diperoleh melalui pembelajaran dengan model advance organizer, dan (4) Ketuntasan belajar siswa pada konsep geometri yang dicapai dengan model. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Advance Organizer melibatkan siswa aktif dalam kegiatan belajar  dan guru kreatif dalam kegiatan mengajar, (2) Siswa umumnya merasa senang dan berminat untuk mengikuti pembelajaran berikutnya dengan model pembelajaran Advance Organizer, (3) Melalui penerapan model pembelajaran Advance Organizer, penguasaan materi Segi empat siswa mencapai tingkat sedang, dan (4) Penerapan model pembelajaran Advance Organizer pada materi Segiempat telah mewujudkan tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal

 

Kata kunci : Advance organizer,  konsep Geometri


References


Ausubel, D. P. 1963. The Psychology of Meaningfull Verbal Learning. New York: Grune & Stratton Inc

Dewi, S. 2005. Konsepsi siswa SMP Negeri 18 Banda Aceh tentang Segiempat, Skripsi tidak diterbitkan. Manda Aceh: FKIP Unsyiah.

Herawati, S. 1994. Penelusuran Kemampuan Siswa SD dalam Memahami Bangun-bangun Geometri. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Joyce, B. & Weil, M. 1980. Models of Teaching. Englewood, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Orton, A. 1991. Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. (2nd Ed). London: Cassel.

Soedjadi, R. 2001. Pemanfaatan Realita dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Realistik Mathematics Education (RME), FMIPA UNESA Surabaya, 24 Januari.

Suhartati. 2006. Konsepsi Siswa Kelas I SMU Di Banda Aceh Tentang Bangun-Bangun Geometri. Mon Mata Jurnal llmu-ilmu Sosial Bidang Pendidikan. Volume 8 No1. 16-26.

Zulhardi. 2001. Realistic Mathematics Education (RME), Teori Contoh Pembelajaran dan Teman Belajar di Internet. Makalah disajikan dalam Seminar Realistic Mathematics Education, UPI Bandung, 4 April.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.