EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

Syahjuzar -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini disebut penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 yang dipilih dari 6 kelas. Iinstrumen yang digunakan adalah: instrument tes, lembar observasi aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pemeblajaran, dan respon siswa.Data dianalisis dengan menggunakan analisis statisitik deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah: (1) pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah belum efektif di kelas VIII.4 SMP Negeri 2 Banda Aceh, (2) respon siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah di kelas VIII.4 pada materi gradien termasuk kategori positif

 

Kata Kunci: Model pembelajaran berdasarkan masalah, memecahkan masalah


References


Arends, 1997. Clasroom Instruction and Management.McGraw-Hill Companies. Inc. New York.

Arends, 2001.Learning To Teach. McGraw-Companies, Inc. New York.

Dahar, R.W, 1988. Teori-teori Belajar. Depdikbud P2LPTK. Jakarta.

Dediknas, 2003. Kurikulum 2004. Balitbang Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Matematika SMP. Balitbang Depdiknas. Jakarta.

Hudoyo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Depdikbud P2LPTK. Jakarta

Nauli, S. 2002. Pengembangan Perangkap Pembelajaran Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Pada Pokok Bahasan Statistik di Kelas II SMU. Makalah Komprehensif. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNESA: Surabaya

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Unesa. Universitas Press.

Ratnaningsih, Nani. 2005. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) melalui Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Proseding Seminar Nasional Matematika. UPI. Bandung

Soedjadi, 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Dikti Depdiknas. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.