PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN RHEUM BARAT KABUPATEN BIREUEN

Khairuddin -

Abstract


Supervisi pendidikan merupakan upaya pembinaan guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan supervisi pendidikan; 2) Teknik supervisi pendidikan; dan 3) Tindak lanjut supervisi pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah dan dewan guru MIN Rheum Barat kecamatan Simpang Mamplam kabupaten Bireuen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala madrasah dilaksanakan pada awal dan akhir semester setiap tahun pelajaran dengan melibatkan dewan guru. Program supervisi mencakup analisis kemampuan guru, pengembangan silabus, RPP dan bahan ajar dalam proses pembelajaran oleh guru, dan pembinaan profesionalisme guru; 2) Teknik supervisi pendidikan yang digunakan adalah teknik kunjungan kelas dan supervisi kelompok. Teknik kunjungan kelas dilaksanakan pada awal semester. Dengan kunjungan kelas, supervisor dapat melihat langsung kesiapan, kemampuan, kelemahan dan kegiatan guru dalam proses belajar mengajar. Supervisi kelompok dilaksanakan pada awal dan akhir tahun pembelajaran, yaitu dalam rapat/sidang pembagian tugas atau kenaikan kelas; dan 3) Hasil temuan supervisi pendidikan ditindaklanjuti oleh kepala madrasah melalui pertemuan individual, rapat rutin, diskusi, pembinaan, membimbing dan memberikan saran dalam rangka peningkatan proses pembelajaran.

 

Kata kunci: supervisi pendidikan oleh kepala madrasah


References


Ametembun, N.A. (2007). Supervisi Pendidikan: Penuntun Bagi Para Penilik, Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru-guru. Bandung: Suri.

Depdiknas. (2008). Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam (2006), Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta, Departemen Agama RI

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. (2008). Model Pembela-jaran Sekolah Dasar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan, (2009). Standar Kompetensi Pengawas Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan. (2007). Standar Kompetensi Guru. Jakarta Depar-temen Pendidikan Nasional.

Kunandar, (2009), Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy. Z. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, (2006), Implementasi Kuri-kulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_________, (2008), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2008). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Peraturan Pemerintah Nomor 20. Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Pidarta, Made, (2008). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.

__________. (2009). Penilaian Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2007). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, Piet. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendi-dikan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung Alfabeta.

___________. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masya-rakat, Strategi memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: Nimas Multina.

Siagian, Sondang P. (2006). Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudrajat (http://akhmadsudrajat.word press.com.2008).

Sukmadinata, Nana, Syaodih, dkk. (2007). Pengendalian Mutu Sekolah Dasar, Bandung: Kusuma Karya.

Suprawoto. http://www.slideshare.net/ NASuprawoto/pengembangan-bahan/ajar-presentation/30/01/ 2009.

Surakhmad, Winarno, (2010). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Metode Tehnik. Bandung: Tarsito.

Usman, Nasir. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru: Konsep, Teori dan Model. Ban-dung: Citapustaka Media Perintis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.