ADAPTASI DAN FLEKSIBILITAS NILAI KOPERASI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Ishak Hasan

Abstract


Sebagai salah satu sektor atau pelaku ekonomi, koperasi didirikan dan dipacu di atas landasan nilai dan prinsipnya tersendiri. Berbeda dengan bentuk perusahaan non-koperasi. Dalam kenyataan koperasi sebagai pelaku ekonomi  sampai saat ini masih jauh tertinggal dari pelaku ekonomi lainnya. Hal ini tentu ada faktor yang menyebabkannya. Dari sekian banyak faktor yang diperkirakan menghambat kemajuan koperasi salah satunya adalah kekakuan nilai dan prinsip koperasi yang dianut serta diterapkan. Dalam menghadapi persaingan global, lingkungan ekonomi yang dihadapi suatu masyarakat sudah jauh berubah. Persaingan dalam memperoleh manfaat ekonomi semakin tajam. Berdasarkan itu, sudah saatnya koperasi perlu untuk mengadaptasi ulang nilai-nilai dan prinsipnya secara fleksibel, agar koperasi tidak tertinggal dengan bentuk badan usaha lainnya.

 

Kata Kunci:nilai dan prinsip koperasi, persaingan global.


References


Book, Sven Ake (1994), Nilai-nilai Koperasi Dalam Era Globalisasi, KJAN, Jakarta.

Burton, David (1989), Principles of Cooperatives, dalam David W. Cobia (ed.) “Cooperatives In Agricultureâ€, Prentice Hall, New Jersey, USA.

Hanel, Alfred (1989), Organisasi Koperasi; Pokok-poko Pikiran mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangannya di Negara-negara Berkembang, UNPAD, Bandung.

Ishak Hasan (2001). Dinamika Prinsip Koperasi (Perkembangan dan Relevansinya dalam Era Global), UNPAD, Bandung.

Munkner, Hans H. (1997), Masa Depan Koperasi, Dekopin, Jakarta.

Yuyun Wirasasmita (1997), Nilai Dasar, Prinsip dan Praktek Koperasi Dalam Menghadapi Abad 21, dalam “Koperasi Menghadapi Abad 21â€, Dekopin, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.