UNCATEGORIZED WORDS IN ENGLISH (The analysis of*matern, *feder, *deterg, and *magn)

Samsul Bahri Ys

Abstract


Setiap kata dalam bahasa Inggris, dan juga dalam bahasa-bahasa lain di dunia, memiliki kelas kata yang disebut part of speech atau word category, seperti kata benda, kata sifat, kata kerja, kata keterangan, kata depan, dll. Namun, ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris tidak termasuk ke dalam kelas kata tersebut. Kata-kata ini dinamakan bound root (akar kata terikat). Beberapa contoh akar kata terikat adalah *matern, *feder, *deterg, dan  *magnyangditemukan dalam kata maternity, maternal, federal, federate, detergent, deterge, magnify, dan magnification. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kata-kata tersebut secara terperinci dan menyeluruh. Metode yang digunakan adalah analisa korpus. Korpus yang digunakan dalam penelitian ini adalah British National Corpus (BNC), Corpus of Contemporary American English (COCA), dan Corpus of Historical American English (COHA).Hasil dari analisis korpus sangat mengejutkan, dimana akar kata terikat ini tidak pernah muncul secara terpisah dari imbuhan. Dari penemuan ini bisa disimpulkan bahwa akar kata terikat bukan merupakan “kata”. Bagian dari kata-kata ini, yang sebelumnya dianggap imbuhan, ternyata bukan imbuhan tetapi hanya suku kata atau bagian suku kata yang terlihat seperti imbuhan yang tidak memiliki fitur sebuah imbuhan. Sebagai contoh, *-al dalam kata federal seolah-olah sama dengan –al yang ada dalam kata several.

 

Kata kunci: *matern, *feder, *deterg, and  *magn


References


Carstairs-McCarthy, Andrew. 2002. An introduction to English morphology: words and their structure. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Fabb, Niger. 1988. English suffixation is constrained only by selectional restrictions. Natural Language & Linguistic Theory 6 (4), 527-539.

Giegerich, Heinz J. 1999. Lexical strata in English. Morphological causes, phonological effects. Cambridge: Cambridge University Press.

OED2on CD. 1994. The Oxford English Dictionary, 2nd ed., on Compact Dist. Oxford: Oxford University Press.

Plag, Ingo. 1996. Selectional restrictions in English suffixation revisited: a reply to Fabb (1988). Linguistics 34, 769-798.

Plag, Ingo. 2003. Word-fromation in English. Cambridge: Cambridge University Press.

Rakic, Stanimir. 2007. A Note on the Latinate Constraint in English Affixation. SKASE Journal of Theoretical Linguistics 4 (3), 45-56.

Selkirk, Elisabet O. 1982. The Syntax of words. Cambridge, MA: The MIT Press.

Siegel, Dorothy C. 1974. 'Topics in English Morphology'. Doctoral dissertation, MIT. Cambridge MA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.