MENEROKA KURIKULUM 2013

Azwardi -

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan konsep yang berkaitan dengan substansi umum kurikulum 2013. Tulisan ini didasari atas beberapa permasalahan yang mengemuka dari masyarakat, yaitu miskomunikasi atau minimnya pemahaman masyarakat umun tentang substansi kurikulum 2013. Permasalahan yang mencuat akhir-akhir ini, antara lain, stake holders masih banyak yang bingung dengan konsep kurikulum terbaru ini. Kenyataan tersebut, antara lain, terdeteksi dari peserta Pendidikan Pelatihan Profesi Guru 2013. Selain itu, sebagian kalangan ada yang pro dan kontra dengan penerapannya pada tahun ajaran baru tahun ini karena alasan sosialisasi yang belum memadai. Berkaitan dengan hal itu, tulisan ini hendaknya dapat meminimalisasi miskonsepsi dan mispersepsi tersebut. Substansi yang dideskripsikan dalam artikel ini bersifat umum, yaitu konsep-konsep dasar berkaitan dengan pemahaman umum tentang kurikulum 2013. Konsep-kosep dasar tersebut meliputi standardisasi mutu pendidikan, konsep dan landasan yuridis kurikulum, pembaruan kurikulum, kurikulum 2013, pendekatan tematik terpadu, elemen perubahan, karakteristik penguatan, pendekatan scientific, struktur kurikulum pada jenjang jenjang sekolah dasar dan menengah, dan fokus mata pelajaran bahasa Indonesia. Dengan memahami secara komprehensif konsep dasar tersebut, kita berharap semua pihak dapat respeks; memiliki kepedulian, tanggung jawab moral yang kuat untuk mendukung dan berkontribusi secara profesional dan proporsional demi menyelamatkan peradaban generasi bangsa di tengah-tengan pengaruh global yang sangat dahsyat dewasa ini.

 

Kata kunci: kurikulum, tematik, pendekatan tematik terpadu,

         pendekatan scientific, struktur kurikulum

 


References


Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

------------. 2003. Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

------------. 2004. Kurikulum 2004; Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Depdiknas.

------------. 2004. Kurikulum 2004; Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan; Buku Guru SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.

------------. 2013. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan; Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.

------------. 2013. Indahnya Kebersamaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013; Buku Guru SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kemdikbud.

------------. 2013. Indahnya Kebersamaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013; Buku Siswa SD/MI Kelas IV. Jakarta: Kemdikbud.

------------. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

------------. 2013. Konsep Pendekatan Scientific 2012. Jakarta: Kemdikbud.

------------. 2013. Pengembangan Kurikulum 2012. Jakarta: Kemdikbud.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.