PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TARI KREASI BARU DENGAN KOMBINASI GERAK DASAR TARI

Nurlaili -

Abstract


Setiap dosen/guru mempunyai kiat dan cara-cara tertentu agar pembelajaran yang dilakukan berhasil dan tercapai. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang variatif pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan pemilihan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi mata kuliah yang diampu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran dengan kombinasi gerak dasar tari dan mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari penerapan pengembangan model pembelajaran tari kreasi dengan kombinasi gerak dasar tari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada mata kuliah Tari Kreasi, model pembelajaran dengan mengkombinasikan gerak dasar tari dianggap berhasil dan gerak-gerak yang diajarkan cepat dipahami oleh mahasiswa, sehingga berdampak pada tingkat kreativitas dan hasil yang diperoleh.

 

Kata kunci:  model pembelajaran, tari Kreasi Baru, gerak dasar tari

 


References


Arini, Putri, I.G.A. (2004). Diktat Pendidikan Seni, Denpasar : Kerjasama dengan SMAN 5 Denpasar.

Nusantara, Yayat. (2007). Buku Teks Pelajaran Seni Budaya SMA, Jilid 3, Jakarta : Erlangga.

Hamalik, Oemar. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.

Humphrey, Doris. (1983). Seni Menata Tari. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Idris, Jamaluddin. (2005). Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Yogyakarta : Taufiqiyah Sa’adah.

Kussudiardja, Bagong. (2000). Dari Klasik Hingga Kontemporer, Yogyakarta: Padepokan Press.

Kardi, Soeparman Muhammad Nur. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Disekolah, Jakarta : Rineke Cipta.

Rahayu, Tuti. (2000). Diktat Kuliah Pengantar Pengetahuan Tari, Medan : Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.