WHAT FACTORS INFLUENCE THE USE OF FORMAL AND INFORMAL LANGUAGE IN DAILY COMMUNICATION?

Sarair -

Abstract


Dalam berkomunikasi sehari-hari kita menggunakan bahasa baik secara formal maupun informal sesuai dengan situasi, kondisi, lawan bicara serta tempat dimana kita berada. Bahasa formal biasanya digunakan pada acara-acara formal dan bahasa tidak formal digunakan pada saat kita berbicara dengan teman atau sahabat dekat. Penggunaan bahasa formal dan tidak formal tidak dapat dilakukan sekehendak hati kita karena dapat menyebabkan konflik dengan lawan bicara. Tulisan ini akan mengemukakan faktor-faktor seseorang menggunakan bahasa formal dan informal dalam percakapan sehari-hari dan juga kebanggan mereka dalam menggunakan bahasa formal dan informal, yaitu covert dan overt prestige. Juga penyesuaian bahasa yang digunakan agar dapat memperkecil jarak atau mengeratkan hubungan antara si pembicara dan lawan bicara.

 

Kata kunci: bahasa formal dan informal, gengsi yang tersembunyi atau tampak, komunikasi

 


References


Berman, L 1998, Speaking through the silence: Narratives, social conventions, and power in Java, Oxford University Press, New York.

Chambers, J K 1995, Sociolinguistic theory, Basil Blackwell Inc,

Massachusetts.

Coates, J 1993, Women, men and language, 2nd edition, Longman, New

York.

Fasold, R 1990, Sociolinguistics of language, Basil Blackwell,

Cambridge.

Haugh, M 2005, The important of ‘place’ in Japanese politeness: implications for cross-cultural and intercultural analyses, Intercultural Pragmatics, 2 (1), 41-68.

Holmes, J 2008, An introduction to sociolinguistics, 3rd edition, Pearson

Education Ltd, UK.

Labov, W 1969, The study of nonstandard English, Center for Applied Linguistics, Washington D.C.

Romaine, S 1994, Language in society: an introduction to sociolinguistics, Oxford University Press, New York.

Sneddon, J. N 2001, Teaching informal Indonesian: some factors for consideration, Australian review of applied linguistics, vol. 24, no. 2, pp. 81-95, retrieved 7 May 2010, Linguistics and Language Behavior Abstracts.

Steward, M 2001, Pronouns of power and solidarity: The case of Spanish first person plural nosotros, Multilingua, vol. 20, no. 2, pp. 155-169, retrieved 28 April 2010, Linguistics and Language Behavior Abstracts.

Trudgill, P 1974, Sociolinguistics: an introduction, Penguin Books,

Great Britain.

Wardhaugh, R 2006, An introduction to sociolinguistics, 5th edition, Blackwell Publishing, UK.

Warren, J 2006, ‘Address pronouns in French: Variation within and outside the workplace’, Australian review of applied linguistics, vol. 29, no. 2, pp. 1-17, retrieved 12 May 2010, Linguistics and Language Behavior Abstracts.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.