KEMAMPUAN MAHASISWA MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DAN KOSAKATA HIKAYAT ACEH

Sa'adiah -

Abstract


Penelitian yang berjudul “Kemampuan Mahasiswa Memahami Unsur Intrinsik dan Kosakata Hikayat Aceh” mengangkat masalah tentang bagaimanakah kemampuan mahasiswa dalam memahami unsur-unsur intrinsik hikayat. Unsur-unsur intrinsik itu meliputi alur, tema, penokohan, latar, pusat pengisahan/sudut pandang. Dalam penelitian ini dibahas pula mengenai bahasa hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam memahami unsur intrinsik dan bahasa hikayat. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP, Unsyiah, angkatan 1990, semester VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil instrumen serta wawancara dengan para mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 5% siswa berkriteria baik dalam memahami unsur instrinsik hikayat, 12% berkriteria dengan sedang, dan 83% berkriteria rendah. Simpulan penelitian ini membuktikan kemampuan mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia semester VII tergolong ke dalam kriteria rendah. Ketidakmampuan mahasiswa dalam memahami unsur intrinsik hikayat disebabkan oleh faktor pemahaman mahasiswa terhadap bahasa hikayat.

 

Kata kunci: kemampuan, unsur intrinsik, kosakata


References


Abbdurachman, H.A. dkk.. 1981. Kemampuan Apresiasi Sastra Murid SMA Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Abdullah, T. Imran. 1991. Hikayat Meukuta Alam. Yogyakarta: Universitas Gadjahmada.

Abrams, M.H. 1976. The Mirror and The Lamp. New York: Oxford University Press.

Ajie, Yuniar Z. 1992. “Kualitas Pengajaran Sastra di SMA Masih Amat Rendah”. Harian Pelita. Jakarta, 23 Februari 1992.

Baidaba. 1988. Hikayat Kalilah dan Dimnah. Penyalin ke dalam Bahasa Indonesia oleh Ismail Jamil 1988. Jakarta: Balai Pustaka.

Baried, Baroroh. 1985. Memahami Hikayat dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengambangan Bahasa.

Bloom, Benjamin S. 1979. Taxonomy of Educational Objective. New York: Langman.

Departemen Pendidikan dan Budaya. 1980. Hikayat Malem Diwa. Alih bahasa oleh Ramli Harun. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

------------. 1981. Hikayat Marakarma. Alih bahasa oleh Ramli Harun. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

------------. 1981. Hikayat Nun Parisi. Alih bahasa oleh Ramli Harun. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghoni, Muhammad Djunaidi. (tanpa tahun). Nilai Pendididikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, Sutrisno. 1980. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hardjasujana, Ahmadslamet dan Yetty Mulayti. (Ed.). 1991. “Teknik Klos dalam Muchlisoh”. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penataran Guru SD Setara D-II.

Hasjim, Nafron. 1984. Hikayat Galuh Digantung. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Hill, A. H. 1960. “Hikayat Raja-Raja Pasai”. Journal of the Malayan Branch of the Royal Asiatic Society. Singapore: MBRAS Malay Publishing House Limited.

Ikram, Achdiati. 1978. “Hikayat Sri Rama: Suntingan Naskah Disertasi Telaah Amanat dan Struktur”. Disertasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Iskandar, Teuku. 1986. Kisah Kepahlawanan Iskandar Muda. Diterjemahkan oleh Aboe Bakar BSF dari Hikayat Aceh (tanpa tahun). Daerah Istimewa Aceh: Proyek Rehabilitasi dan Perluasan Museum.

Jones, Russel. (Ed.). 1983. Hikayat Sultan Ibrahim. USA: Foris Publication Holland.

Kennedy, William. 1986. How to Analyze Fiction. New York: Monarch Press.

Nasution, S. 1991. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Bandung: Jemmars.

Oka, I Gusti Ngurah. 1977. Tes Prestasi Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SMA se-Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Scholes, Robert. 1974. Struturalism in Literature. New York: Yale University Press.

Sudjiman, Panuti. 1990. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

------------. 1991. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sutrisno, Sulastin. 1979. “Hikayat Hang Tuah: Analisis Struktur dan Fungsi”. Disertasi. Yogyakarta: Fakultas Sastra dan Kebudayaan, Universitas Gajah Mada.

Tarigan, H. G. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wellek, Rene & Austin Warren. 1990. Teori Kesusasteraan. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.