PERKEMBANGAN GERAK FUNDAMENTAL PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Ahadin -

Abstract


Perkembangan gerak fundamental pada anak taman kanak-kanak terdiri atas gerak lokomotor, gerak nonlokomotor, dan gerak manipulatif. Gerak ini merupakan gerak dasar yang perlu dipelajari dan dilatih bagi anak-anak usia taman kanak-kanak. Apabila gerak fundamental ini dipelajari dan dikuasai dengan konsep pembelajaran gerak yang benar dan tepat, dapat diharapkan anak memiliki fondasi untuk mempelajari keterampilan gerak pada berbagai cabang olahraga kemudian hari baik. Gerak lokomotor terdiri dari gerak: lari, lompat, congklang, loncat, dan melewati, gerak nonlokomotor terdiri dari gerak: mendorong, menarik, menekuk, melingkar, dan berbelok, sedangkan gerak manipulatif terdiri dari gerak: melempar, menangkap, menyerang, menendang, dan menderibel. Gerak fundamental mempunyai format dasar dari seluruh gerakan yang sering juga dideskripsikan sebagai dasar dari penguasaan keterampilan gerak bagi anak usia taman kanak-kanak.  Penguasaan gerak fundamental pada anak taman kanak-kanak dipengaruhi oleh pertumbuhan, perkembangan, lingkungan, dan ketepatan dalam memberikan tugas dan latihan dengan mengikuti tahapan-tahapan pembelajaran yang tepat.

 

Kata kunci:   gerak fundamental, lokomotor, nonlokomotor,

                      dan manipulatif


References


Abdullah, Arma dan A. Manadji. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Proyek Pengembangan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Dirjendikti. Depdikbud.

Femanders Walter, Tandon Rajesh (1993) Riset Partisipatoris Riset Pembebasan,terjemahan oleh FX Baskaran dan F. Budi Hardiman. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Jin, RX (1996) Studi Kasus (Desain dan Metode). Terjemahan oleh M. Djauzi Mudzakir, MA., PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Koentjaraningrat (1993) Metode metode Penelitian Masyarakat. Edisi ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utarna, Jakarta

Vredenbregt Jacob (1984) Pengantar Metodologi untuk Ilmu Empiris. PT. Gramedia, Jakarta

Matthew B. Miles, A. Michael Humberman (1992) Analisis data

Kualitatif Penerbit Universitas Indonesia.

Koentjaraningrat (1990) Pengantar Ilmu Antropologi. PT. Rineka Cipta, Jakarta

Moleong, Lexy J., Motodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remdja Rosdakarya CV, 1987.

MoIeong, Lexy J, Metodo logi Penelitian Kualitatif Gado Bogor, 1 2 Maret 2001.

Bukowski, W.M., & Moore, D. (1980). Winners' and loser's attributions forsuccess and failure in a series of athletic events. Journal of Sport Psycholog , 2, 195 210.

Goodway Shiebler, J.D. (1994). The effect of a motor skill intervention on the fundamental motor skills and sustained activity of African American Preschoolers who are at risk. Unpublished doctoral dissertation, Michigan State University, East Lansing.

Hader, S. (1978). Effectance motivation reconsidered: toward a developmental model. Human Development, 21, 34 64.

Harter, S. (1981). The development of competence motivation in the mastery ofcognitive and physical skills: Is there still a place forjoy? In G. C. Robert & D. M. Landers (Eds), Psychology of motor beehaviou and sport, 1980. Greenwich, CT: JAI Press. Pp. 3 29

Harter, S. (1982) The perceived competence scale for children. Child Developmen,53, 87 97.

Harter, S., & Connell, J. (1984). A model of the relationship among children's academic achievement and their self perceptions of competence, control, and motivational orientation. In JG. Nicholls (Ed). Ile development of achievement motivation. Greenwich, CTJAI Press. Pp.219 250.

Harter, S., & Pike, R. (1984). The pictorial scale of perceived

competence and social acceptance for young children. Child

Developmen , 55. 1969 1982.

Overby, L.Y., Branta, C., Goodway, J., & Smith, J. (1994). The

relationship of parental attitude to perceive competence, motor development and physical fitness of AtRisk youth. Paper presented at the National Convention of the Affinnen For Health, Physical Education, and Recreation, Denver, CO, April 16.

Rudisill, M.E. (1989). Influence of perceived competence and causal dimensionorientations on expectations, persistence and

performance during perceived failure. Research Quarterly for

Exercise and Sport, 60, 166 175.

Rudisill, M.E., Mahar, M., & Meaney, K.S. (1993). 'Me relationship

between young children's perceived and actual motor skill

competence. Perceptual and Motor Skills, 53, 186 192.

Ulrich, B. D. (1985). 'rest of Gross Motor Development. Austin,

Texas: Pro. Edt.

Ulrich, B.D. (1987). Perceptions of physical competence, motor competence, and participation in organized sport: Their interrelationships in young children. Research Quarterly,58,57 67.

Weiss, M.R. (1987). Self esteem and achievement in children's sport

and physical activity. In D. Gould & M.R. Weiss (Eds),

Advances in pediatric sport sciences. Vol. 2. Ch_ n. IL: Human Kinetics. Pp. 87 119


Refbacks

  • There are currently no refbacks.