IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Khairuddin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor-faktor penghambat program peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjeknya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan ketua komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan pedidikan diawali dengan merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah oleh Tim Pengembang Sekolah. Program kerja disusun dengan cara merevisi program kerja tahun yang lalu. Subtansinya mengarah pada upaya peningkatan mutu pendidikan namun tidak mencantumkan target hasil secara detail. (2) Pelaksanaan program dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia melalui pembagian tugas pada komponen satuan pendidikan. Prinsip-prinsip tata kelola yang baik tidak diterapkan dengan baik. Otonomi dimiliki, namun tidak memunculkan kegiatan dan produk yang inovatif. (3) Ada tim guru yang mengawasi kedisiplinan para siswa dan guru. Evaluasi terfokus pada program akademik dari pada efektivitas dan efisiensi pembelajaran dan kinerja guru. Evaluasi Diri Sekolah secara menyeluruh terhadap Standar Nasional Pendidikan belum menjadi budaya sekolah. (4) Faktor-faktor penghambat adalah rendahnya profesionalisme, lemahnya kerja tim dan peran komite sekolah yang sangat kurang.

 

Kata kunci: manajemen berbasis sekolah dan mutu pendidikan


References


Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul (2010). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. (2010). Juknis Penyusunan Rencana Kerja SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Depdiknas. (2007a). Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Pendidikan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Danin, Sudarwan (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Fattah, Nanang (2009). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosda.

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta.

Sagala, Syaiful (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2006). Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

http://akhmadsudrajat.wordpress.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.