STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MASJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Mukhtar -

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Aceh Besar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah,  guru, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru dilakukan melalui a) menetapkan kewenangan guru, b) memberikan tugas yang sesuai dengan bidangnya, c) memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan seminar, d) mendatangkan tutor ke sekolah, e) memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, f) menetapkan sebagai pembimbing dalam kegiatan ekstra kurikuler, 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru yaitu: a) menjalankan peraturan sekolah, b) menciptakan budaya organisasi, c) memberikan sanksi, 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru adalah: a) menciptakan situasi yang harmonis, b) menempatkan guru sesuai dengan bidangnya, c) memenuhi semua perlengkapan yang diperlukan guru dalam melaksanakan tugasnya, d) memberikan penghargaan dan hukuman, 4) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan komitmen guru adalah: a) mengadakan rapat pada setiap awal semester, b) mengawasi pelaksanaan proses pembelajaran, c) mengevaluasi hasil kinerja guru, d) memberi catatan dalam buku pembinaan. 5) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah a) rendahnya tingkat kedisiplinan guru, b)guru kurang termotivasi dalam meningkatkan kinerjanya c) domisili guru yang jauh dari sekolah, d) fasilitas sekolah yang belum memadai, dan e) rendahnya partisipasi warga lingkungan sekolah.

 

Kata kunci: strategi kepala sekolah dan kinerja guru


References


Akdon, (2007), Strategic Management, for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen.

Mulyasa, E, (2012), Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

(2005). Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, (2007), Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Jakarta.

Supriadi, (1999), Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Jakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, Nasir, (2012) Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru, konsep, teori dan model, Bandung: Citapustaka media perintis.

Wahjosumidjo, (2007), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.