PENGELOLAAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH TK/RA/PAUD DI KOTA BANDA ACEH

Cut Zuriana

Abstract


Pengelolaan pendidikan prasekolah TK/RA/PAUD perlu dilaksanakan, mengingat hal tersebut  sangat penting karena penelitian ini akan memberi kontribusi untuk mengetahui  program awal dalam membentuk kompetensi anak. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsi pengelolaan pendidikan prasekolah TK/RA/PAUD di Kota Banda Aceh, yakni yang berhubungan dengan; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengevaluasian, dan pengawasan pendidikan prasekolah TK/RA/PAUD di Kota Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah (1) Raudhatul Alhfal Al-Khairiah, (2) Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al-Azhal, (3) PAUD Bungong Seuleupok. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa (1) pada umumnya perencanaan pendidikan prasekolah TK/RA/PAUD di Kota Banda Aceh direncanakan berdasarkan kondisi daerah yang menerapkan syariat Islam dan sesuai dengan nilai-nilai budaya Aceh. (2) pada umumnya pengorganisasian dan pelaksanaan pendidikan prasekolah TK/RA/PAUD di Kota Banda Aceh di bawah yayasan dan mempunyai struktur organisasi dan dilaksanakan berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004. (3) pengawasan dan pengevaluasian pendidikan prasekolah TK/RA/PAUD di Kota Banda Aceh pada umumnya dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga dan Kementerian Agama dan berdasarkan penilaian proses kontinyu dan berkesinambungan. Berdasarkan hasil tersebut pengelolaan pendidikan prasekolah di kota Banda Aceh mempunyai nilai positif yakni masing-masing TK/RA/PAUD diberi kebebasan untuk mengembangkan lembaganya. Negatifnya lembaga pendidikan prasekolah di Aceh kurangnya koordinasi dengan sesamanya dan tidak saling mendukung dalam pengelolaannya.

 

Kata kunci: pengelolaan, pendidikan, prasekolah


References


Burhanuddin, Yusak. (2005). Administrasi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia.

Depdiknas. 2005. Analisis Situasi dan Kondisi Pendidikan untuk Semua. Jakarta: Forum Koordinasi Nasional Pendidikan Untuk Semua.

Depdiknas. 2005. Rencana Aksi Nasional. Jakarta: Forum Koordinasi Nasional Pendidikan untuk Nasional. Jakarta.

Dupuis, Marry M. & Eunice N. Askov. 1982. Content Area Reading: An Individualized Approach. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Enie Tisnawati Sule, dkk. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan. (2006). Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, S (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nawawi, Hadari (2003). Manajemen Strategik. Yokjakarta: Gajah Mada University.

Soeiniarti, Patmonodewo. 1995. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Siagian, S.P. (2007). Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, H.B. (2007) Pengantar Manajemen. Jakarta: Buini Aksara.

Sugiono. (1995). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Buini Aksara.

Siagian, S.P. (2002). Manajemen Strategik, Jakarta: Buini Aksara.

Sukardi. (2005). Metode Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutisna (1993). Administrasi Pendidikan Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Tierney, Robert J., John E. Readence, and Ernest K. Disher. 1980. Reading Strategies and Practices: A Compodium. (Third Edition). London: Allyn and Bacon

Terry, GR (1981) Intisari Principles of Manajemen. Bnadung: Karya Remaja.

UNESCO. Jakarta. 2005. Panduan Perencanaan Pendidikan Anak Untuk Semua. Jakarta. UNESCO Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.