POTRET KEHIDUPAN MASYARAKAT MISKIN DI DAERAH PERKOTAAN (Studi Kasus di Gampong Pineung Kota Banda Aceh)

Muhammad Yunus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret kehidupan masyarakat miskin yang ada di daerah perkotaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, jenis studi kasus. Studi kasus dalam penelitian ini menggunakan studi kasus pada satu Gampong yang ada di Kota Banda Aceh. Hasil penilitian menunjukkan bahwa kemiskinan masih melanda kehidupan masyarakat diperkotaan. Masyarakat perkotaan masih memperlihat potret kehidupan yang masih belum layak; masih ada rumah masyarakat yang kurang layak huni, masih ada keluarga yang belum mampu memenuhi kebutuhan primer dan sekunder, masih ada masyarakat menetap yang pendapatan perkapita dibawah UMR Kota Banda Aceh, masih banyak penduduknya bekerja sebagai buruh, tukang, yang pekerjaan tidak didasarkan keahlian. Kondisi masyarakat miskin yang ada ternyata dikarenakan masih banyak penduduk asli atau pribumi yang masih dikatogorikan miskin, yang disebabkan oleh rendahnya jenjang pendidikan, kemampuan dan keterampilan yang belum dapat dijadikan sebagai modal untuk memperbaiki kehidupannya.

 

Kata kunci: protret masyarakat miskin, daerah perkotaaan


References


Bakri, M. (Ed) 2003 Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang. Universitas Islam Malang kerjasama dengan Visipress.

Bogdan, R.C. 1990. Riset Kualitatif Untuk Pendidikan: Pengantar ke Teori dan Metode. Terjem.: Munandir. Jakarta: Depdikbud, Dikti. Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antara Universitas.

BPS, 2012. Upah Memimun Regional. Banda Aceh. PBS Propinsi Aceh.

Edi Suharto, 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Ginanjar Kartasasmita, 1996, Pembangunan Untuk Rakyat, Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: PT Pustaka Cidesindo

Moleong, L.J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roesdakarya

Misbahul Ulum dkk. 2007. Model-Model Kesejahteraan Sosial Islam, Perspektif Normatif Filosofis dan Praktis. Yogyakarta: FD UIN Sunan Kalijaga.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suparlan. 1990. Kamus Istilah Pekerjaan Sosial. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Yin, R.K. 2005. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.