PENINGKATKAN MUTU DAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SESUAI DENGAN TUNTUTAN GLOBAL

Nasir Usman

Abstract


Pendidikan menjadi variabel determinan dan kedudukannya krusial ketika suatu bangsa menginginkan warganya berkualitas. Menjadikan pendidikan sebagai leading sector, benchmarking dari negara-negara lain,  good and clean government dalam era global bukan hanya sebagai persyaratan, tetapi lebih dari itu, ia menjadi keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Reformasi dan transformasi pendidikan selayaknya dilaksanakan sebagai langkah pembaruan dan pemberdayaan peningkatan mutu pendidikan, yang dilakukan secara simultan dengan sektor-sektor lainnya, Untuk itu, proses pembelajaran pada berbagai lembaga pendidikan harus berpijak pada empat pilar pendidikan, yaitu: learning to know, learning to do, learning to live together, dan learning to be.

 

Kata kunci: peningkatan mutu, penyelenggaraan pendidikan


References


Agustiar Syah Nur. (2002). Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara. Bandung: Lubuk Agung.

Blaug, M. (1970). An Introduction to the Economics of Education. London: Allen Lone the Penguin Press.

Delors, Jacques. (1996). Learning The Treasure Within. Paris: UNESCO.

Harrison, Lawrence E. dan Huntington. Samue P. Ed. (2002). Culture Matters: How Values Shape Human Progress. New York: Basic Books.

Jalal, Fasli & Supriadi, Dedi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Lewis, C.C, & Tscuchida, I. (1998). The Basic in Japan: The Three C’S. Edducational Leadership, March, 32-36.

Marzurek, Kas, A.W, Margaret, & Majorek, Czeslaw. (2002). Education In A Global Society A Comparative Perspective. Allyn and Bacon.

Moegiadi. (2002). “Permasalahan dan Tantangan Abad 21 dengan Implikasi di Sektor Pendidikanâ€. Mimbar Pendidikan, No. 3 Tahun XXI 2002. Bandung: UPI.

Phenix H, Philip. (1964). Realms of Meanings: A Philosophy of The Curriculum for General Education. New York, San Francisco, Toronto and London: McGraw-Hill Book Co.

Propenas 2000 – 2004. UU No. 25 Th. 2000 Tentang Program Pembangunan Nasional Tahun 2000 – 2004. Jakarta: Sinar Grafika.

Republika, 17 April 1998.

Suyanto & Abbas. (2001). Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita.

Sedarmayanti. (2003). Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisiensi melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan. Bandung: Mandar Maju.

Suyanto. (2002). Tantangan Global Pendidikan Nasional, dalam Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: Grasindo.

The World Bank. (1999). Education Sector Strategy.

Tilaar. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

UNESCO. (1996). Lerning: The Tresure Within. France: Unesco Publishing.

UNESCO-APNIEVE. (1988). Learning to live Together in Peace and Harmony. Bangkok dan Universitas Pendidikan Indonesia: Kantor Prinsipa Unesco untuk Kawasan Asia-Pasifik.

Zamroni. (2001). Pendidikan untuk Demokrasi, Yogyakarta: Bigraf Publishing.

-----------. (2001). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.